post-title

Info nutrisi ibu hamil trimester pertama!

Makanan yang baik untuk ibu hamil trimester pertama adalah makanan yang mengandung banyak nutrisi penting bagi kebutuhan perkembangan janin. Mari siapkan berbagai vitamin🍊 dan zat-zat penting yang dibutuhkan oleh Anda dan janin tercinta.


Nutrisi yang diperlukan bagi ibu hamil dan janin

😊Folat dan Asam folat

Folat adalah vitamin B yang penting untuk mencegah terjadinya cacat tabung saraf pada janin.👶 Cacat tabung saraf merupakan kelainan serius pada sumsum tulang belakang dan otak. Asam folat adalah bentuk sintesis folat yang terdapat di dalam makanan yang bergizi yang ibu makan dan dari suplemen.

🐟Vitamin D

Vitamin D memiliki peran dalam membangun gigi🦷 dan tulang bayi menjadi kuat. Ikan berlemak, contohnya salmon adalah salah satu sumber vitamin D yang baik. Kebutuhan asupan vitamin D ibu hamil adalah 600 unit internasional (IU) per harinya.

🍼Kalsium

Kalsium juga memiliki peran dalam membangun gigi dan tulang bayi menjadi kuat. Selain itu, kalsium juga berperan dalam membantu otot, saraf, dan peredaran darah ibu agar berjalan normal. Kebutuhan asupan kalsium ibu hamil adalah 1000 miligram kalsium yang dapat dibagi menjadi dua dosis, masing-masing 500 miligram per harinya.😉

🧲Zat besi

Zat besi dibutuhkan dalam membuat hemoglobin. Hemoglobin adalah protein dalam sel darah merah yang berperan membawa oksigen ke jaringan. Kebutuhan asupan zat besi ibu hamil adalah sebesar dua kali lipat daripada saat tidak hamil. Total kebutuhan asupan zat besi ibu hamil adalah 27 miligram per harinya.☺️

✔️Protein

Protein berperan dalam memastikan pertumbuhan dan perkembangan otak, organ, jaringan bayi berjalan dengan baik. Kebutuhan protein ibu hamil adalah 70 sampai 100 gram per harinya, tergantung trimester kehamilan dan berat badan ibu. Karena itu, sebaiknya ibu hamil pergi ke dokter👩‍⚕️ untuk memastikan berapa banyak jumlah protein yang dibutuhkan.


Contoh rekomendasi pola makan ibu hamil

🥜Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung asam folat yang diperlukan ibu hamil. Selain itu, brokoli🥦, dan bayam juga kaya akan asam folat.

🐟 Salmon

Ikan berlemak merupakan makanan yang baik bagi ibu hamil. Contohnya, ikan salmon kaya akan omega-3, DHA, dan yodium🧂 yang aman bagi ibu hamil.

🥩Daging tanpa lemak

Daging merah tanpa lemak mengandung zat besi yang dibutuhkan bagi ibu hamil🤰. Selain itu, daging tanpa lemak yang memiliki protein tinggi memberikan energi lebih. Daging merah membentuk sel darah merah yang dibutuhkan oleh Anda dan janin.👶

🥛Susu

Susu, keju, yoghurt, kaya akan protein dan kalsium yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang ibu dan perkembangan janin👶. Pilih produk susu dan olahannya yang rendah gula, dan lemak, dan hindari mengonsumsi susu yang tidak dipasteurisasi karena dapat mengandung bakteri berbahaya.