post-title

Pantangan makanan di trimester pertama

Saat hamil, ibu hamil🤰 harus selalu berhati-hati akan apa yang dikonsumsi. Karena saat hamil, bayi di dalam kandungan juga ikut makan makanan ibu hamil konsumsi. Berikut apa saja makanan🍽️ yang sebaiknya dihindari ibu saat hamil.


Mengapa ibu hamil memiliki pantangan makanan?

Ibu yang sedang hamil imunitas atau sistem kekebalan tubuhnya akan menurun yang menyebabkan ibu hamil🤰 menjadi lebih rentan terhadap penyakit. Beberapa makanan mengandung bakteri yang dapat menyebabkan penyakit.

Jika bakteri atau penyakit ini melintasi plasenta, maka dapat memberikan dampak yang berbahaya bagi janin. Contohnya, bayi👶 Anda dapat mengalami infeksi yang cukup serius dan menjadi cacat.


Makanan yang sebaiknya dihindari ibu hamil

🥚Telur mentah

Ibu hamil sebaiknya menghindari mengonsumsi hidangan apa saja yang mengandung telur mentah. Hal ini disebabkan telur mentah memiliki potensi mengandung mikroorganisme🦠 berbahaya.

🥩Daging mentah

Daging mentah memiliki potensi mengandung mikroorganisme, contohnya bakteri E-Coli, salmonella🦠 yang bisa menyebabkan ibu hamil keracunan. Pastikan untuk memasak daging hingga benar-benar matang dan ingat untuk mencuci🧼 tangan Anda setelah memegang daging mentah.

🐟Makanan laut

Beberapa ikan contohnya ikan hiu, tilefish, king mackerel, mengandung merkuri yang sangat tinggi. Merkuri berbahaya bagi perkembangan otak🧠 bayi sehingga sebaiknya ibu hamil menghindari mengonsumsi makanan laut.


Minuman yang sebaiknya ibu hamil hindari

🥛Susu yang tidak dipasteurisasi

Susu yang tidak dipasteurisasi mengandung banyak sekali mikroba yang berbahaya. Pastikan untuk meminum susu yang dipasteurisasi, atau merebusnya sebelum diminum.😉

🍷Alkohol

Hindari sepenuhnya minum alkohol saat mengandung. Hal ini disebabkan alkohol bisa masuk ke dalam darah bayi melalui ibu yang berakibat merusak sel otak dan sumsum tulang belakang bayi.😞