post-title

Penyebab ngidam saat hamil muda

Ngidam🍊 adalah keinginan yang sangat kuat untuk makan makanan tertentu secara tiba-tiba. Biasanya ngidam terjadi pada trimester pertama kehamilan dan mencapai puncaknya di trimester kedua.🤰


Apakah ngidam harus selalu dituruti?

Pastinya ada saatnya pasangan Anda bingung apakah ngidam harus selalu dituruti? Apakah berbahaya jika tidak dituruti? Jika ngidam tidak dituruti, hal itu tidak akan mengancam keselamatan ibu hamil maupun janin.👶

Malah, beberapa ibu hamil🤰 jadi makan dengan berlebihan karena menuruti semua makanan yang dia inginkan. Hal ini tidak baik, dan juga jika ibu hamil hanya makan🍚 makanan yang dia idamkan, beberapa nutrisi lain yang penting bagi pertumbuhan janin dapat tidak terpenuhi dengan baik.


Apa penyebab ngidam saat hamil muda?

✨Perubahan hormon

Perubahan hormon saat hamil menyebabkan perubahan pada indra penciuman dan perasa👄. Ibu yang sedang hamil, akan menjadi lebih peka terhadap bau, termasuk bau makanan. Karena itu, ibu hamil jadi lebih tertarik terhadap beberapa makanan.

🌊Jumlah air liur yang meningkat

Pada awal kehamilan, jumlah air liur meningkat. Hal ini menyebabkan mulut terasa seperti memiliki kandungan logam.🥄 Sehingga, ibu hamil ingin menetralisir rasa logam ini dengan makan makanan tertentu.

✔️Kekurangan nutrisi tertentu

Kekurangan nutrisi tertentu dalam tubuh juga dapat menyebabkan ngidam. Contohnya, saat ibu hamil ngidam makan kentang goreng🍟, hal ini bisa jadi tanda tubuh ibu kekurangan sodium🧂, dan protein.

😢Kondisi emosi yang tidak stabil

Emosi yang tidak stabil yang dialami oleh ibu hamil dapat membuat ibu hamil🤰 membuat makanan menjadi pelarian rasa stres yang dialaminya. Karena itu, emosi yang tidak stabil dan stres, maupun cemas dapat membuat ibu hamil ngidam makanan tertentu.

🧠Adanya perubahan pada otak

Saat wanita sedang hamil, zat neuropeptide Y yang berada pada hipotalamus otak mengalami peningkatan. Zat ini berperan dalam mengatur nafsu makan🍽️. Sehingga peningkatan zat ini merupakan salah satu penyebab mengapa wanita ngidam saat hamil.🤰