post-title

Arti berbagai warna keputihan tanda kehamilan

Ibu muda yang belum pernah hamil🤰 sebelumnya, mungkin akan bingung membedakan keputihan yang disebabkan oleh implantasi ataukah disebabkan oleh haid.✨ Hal ini lumrah karena memang keduanya sangat mirip sehingga sulit untuk dibedakan.


Normalkah keluar keputihan ketika hamil?

Proses implantasi✨ menyebabkan beberapa sel darah yang tidak diperlukan luruh dari dinding rahim. Hal ini menyebabkan cairan yang keluar dari vagina berwarna. Anda tidak perlu terlalu khawatir jika keputihan yang keluar berwarna coklat sampai pink🌺. Warna ini adalah normal dan aman.


Macam-macam warna keputihan

🤍Putih kental

Warna keputihan yang berwarna putih dan kental dapat memiliki arti terjadinya infeksi jamur.🍄 Saat wanita sedang hamil, ia akan rentan mengalami infeksi jamur.

🥛Warna putih susu atau bening

Keputihan yang berwarna putih susu atau bening merupakan keputihan yang sehat. Keputihan yang sehat juga tidak memiliki bau tajam.☺️

☁️Berwarna kelabu

Keputihan yang berwarna abu-abu memiliki arti ibu hamil sedang terserang bacterial vaginosis.🦠 Keputihan warna abu juga memiliki bau amis yang menguat setelah berhubungan seksual.💑🏽

☀️Kuning atau hijau

Keputihan yang berwarna kuning atau hijau merupakan kondisi yang serius.😖 Hal ini karena warna kuning atau hijau pada keputihan memiliki arti ibu hamil mengalami infeksi menular seksual.

🤎Warna coklat

Keputihan bisa berwarna coklat maupun coklat tua. Tidak perlu khawatir jika berwarna coklat biasa. Tapi, jika berubah menjadi warna coklat tua, ibu hamil harus segera ke dokter.👩‍⚕️

❤️Merah tua

Keputihan yang berwarna merah tua merupakan keputihan yang berbahaya. Khususnya jika terdapat perdarahan✨ dalam jumlah banyak, terasa kram perut, dan perdarahan mengandung gumpalan, ibu hamil harus segera mengunjungi dokter.

🌺Merah muda

Keputihan dengan warna merah muda sering terjadi saat awal masa kehamilan. Keputihan dengan warna ini juga bisa menjadi pertanda tubuh sedang mempersiapkan diri untuk melahirkan.🏥 Tapi, warna merah muda ini juga bisa menjadi pertanda kehamilan etopik dan sebelum keguguran.