post-title

Depresi saat baru hamil

Wanita yang dinyatakan hamil🤰 pastinya akan merasakan kegembiraan yang luar biasa. Tapi, setelah itu, beberapa wanita dapat merasa depresi. Karena itu, sangat penting dukungan dari pasangan💑🏽 dan keluarga selama masa kehamilan.


Kenapa wanita yang baru hamil bisa depresi?

💑🏽Kekurangan dukungan dari orang sekitarnya

Sepanjang masa kehamilan, dukungan dari pasangan, keluarga🏠 sangatlah penting bagi ibu hamil. Hal ini karena jika tidak ada dukungan dari orang sekitarnya, ibu hamil akan merasa kesepian, sendiri melalui kehamilan sehingga dapat menyebabkan depresi.

😫Banyaknya perubahan hidup yang terjadi

Saat wanita hamil, akan banyak sekali perubahan yang terjadi dalam hidupnya. Contohnya, jika sebelum hamil ia suka merokok ataupun makan makanan junk food🍔, mau tidak mau ia harus menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Hal ini dapat membuat dirinya menjadi stres dan depresi.

🍊Kekurangan nutrisi

Ibu hamil pastinya harus mencukupi asupan nutrisinya demi pertumbuhan dan perkembangan bayi di dalam kandungan. Tapi, berdasarkan penelitian, ibu hamil yang kekurangan nutrisi, contohnya vitamin B, vitamin D☀️, zinc, dan zat besi sangat berkaitan dengan kasus depresi yang dialami oleh ibu hamil.🤰

😴Kurang tidur

Ibu hamil membutuhkan tidur yang cukup dan berkualitas. Ibu hamil yang kualitas tidurnya rendah cenderung mengalami depresi ketika hamil. Karena itu, kuantitas dan kualitas tidur🛏️ sama pentingnya saat hamil.

❤️Gangguan suasana hati

Ibu hamil yang sebelumnya memang memiliki riwayat gangguan kecemasan ataupun depresi, cenderung lebih rentan terkena depresi antepartum ketika hamil.🤰


Tips atasi depresi saat hamil

🧘🏻‍♀️Rutin berolahraga

Olahraga secara rutin sangat baik untuk kesehatan. Selain baik bagi kesehatan tubuh, olahraga membuat peredaran darah lancar, pikiran lebih jernih, dan mengembalikan mood. Karena itu, olahraga🚶‍♀️ setiap hari dapat membantu mengatasi depresi ketika hamil. Cobalah olahraga, contohnya berenang🏊‍♀️, berjalan santai, atau yoga untuk ibu hamil.

👩‍⚕️Berkonsultasi dengan psikoterapis

Stres dan depresi yang terjadi pada ibu hamil disebabkan oleh perubahan hormon, sehingga lebih sulit untuk meredakannya dibanding stres sebelum hamil. Cobalah berkonsultasi dengan psikoterapis untuk mengatasi depresi Anda.🏥