post-title

Urgh.. Perut sering sakit di trimester pertama

Sakit perut pada awal kehamilan🤰 adalah hal yang umum dialami sebagian besar ibu yang sedang hamil. Terdapat berbagai penyebab kenapa sakit perut☹️ terjadi di trimester pertama kehamilan.


Mari kenali penyebab sakit perut saat hamil trimester pertama!

💨Sembelit dan kembung

Kadar progesteron yang meningkat selama hamil membuat perut dipenuhi banyak gas yang membuat kembung. Akibatnya, perjalanan makanan yang ibu hamil konsumsi terhambat yang sering menyebabkan sembelit.🚽

😫Nyeri pada ligamen

Nyeri pada ligamen akan terasa sangat menusuk dan terasa sampai ke punggung. Hal ini terjadi karena ketika rahim👶 tumbuh semakin besar, dua ligamen besar yang membentang dari rahim sampai turun ke selangkangan akan ikut meregang.

😞Kontraksi palsu

Kontraksi palsu atau disebut juga braxton hicks juga bisa terjadi saat hamil muda. Kontraksi palsu menyebabkan otot perut ibu hamil🤰 menjadi kencang yang membuat perut terasa sakit.


Penyebab sakit perut lainnya ketika hamil trimester pertama

✨Masalah lainnya

Batu ginjal, virus, sensitif dengan makanan🍲, dan rahim yang tumbuh akan menyebabkan perut menjadi sakit saat masa awal kehamilan. Namun, biasanya beberapa masalah ini tidak berbahaya sehingga Anda tidak perlu terlalu khawatir.

⚡Kram perut

Kram yang terjadi saat awal masa kehamilan mirip dengan kram saat menstruasi. Walau biasanya rasa kram akan mereda dengan sendirinya, tapi sebaiknya kunjungi dokter kandungan🏥 jika rasa kram tidak tertahankan.


Tips atasi sakit perut yang terjadi di trimester pertama

🛀Mandi dengan air hangat

Mandi dengan air hangat dapat membantu meredakan sakit perut. Tapi hindari mandi dengan air yang terlalu panas karena bayi di dalam kandungan bisa ikut kepanasan.☀️

💡Olahraga ringan

Olahraga ringan seperti senam kegel dapat menguatkan otot perut dan panggul. Selain itu, juga dapat memperlancar dengan mengurangi rasa sakit saat melahirkan nanti😉.

🚶‍♀️Cobalah berganti posisi

Ketika perut terasa sakit, cobalah berganti posisi. Contohnya, saat sedang berjalan, cobalah duduk🧘🏻‍♀️, dan ketika sedang duduk, cobalah berdiri dan berjalan santai.

👩‍⚕️Kunjungi dokter

Jika sakit perut terasa tidak tertahankan, kunjungi dokter. Hindari minum obat tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda.🏥