post-title

Mood Naik Turun Seperti Roller Coaster!

Mood swing atau perubahan suasana hati yang cepat umum terjadi saat hamil. Berikut beberapa penyebab dan tips atasi mood swing🎢 saat sedang hamil.


Penyebab suasana hati mudah berubah-ubah saat hamil

😴Ibu hamil terlalu lelah

Rasa kelelahan yang kerap dialami ibu hamil disebabkan oleh perubahan hormon yang meningkatkan kerja jantung, dan aliran darah✨. Jika ibu hamil kelelahan, hal ini dapat mempengaruhi suasana hatinya.

📌Perubahan pada hormon

Saat ibu sedang hamil, hormon progesteron dan estrogen berubah secara cepat. Perubahan hormon yang cepat ini sangat berkaitan dengan perubahan suasana hati❤️. Hormon progesteron disebut juga dengan hormon relaksasi sehingga membuat ibu hamil merasa sedih☹️ dan lelah. Perubahan pada hormon estrogen menyebabkan ibu hamil merasa emosi dan merasa cemas.

🤮Morning sickness

Mual dan muntah yang dialami ibu hamil dapat mempengaruhi suasana hati😖. Selain itu, mual dan muntah yang terjadi sepanjang hari juga dapat menyebabkan gangguan kecemasan.


Tips atasi mood swing saat hamil

💑🏽Minta dukungan pasangan dan keluarga

Jika Anda merasa sedih atau cemas, katakan pada pasangan Anda. Anda bisa membicarakan semua hal yang ingin Anda bicarakan dan khawatirkan. Selain dengan pasangan, Anda dapat mencoba membicarakannya dengan keluarga🏠 dekat Anda ataupun teman dekat.

🛏️Hindari kurang tidur

Kurang tidur ikut mempengaruhi suasana hari Anda. Karena itu, pastikan Anda tidur dengan cukup tiap harinya agar tubuh Anda terasa segar😉.

✔️Persiapkan diri Anda sebelum morning sickness menyerang

Anda dapat bersiap dengan menjauhi bau pencetus rasa mual yang Anda alami. Jika Anda dapat menghindarinya, dan rasa mual🤮 Anda berkurang, maka suasana hati Anda juga dapat lebih stabil.