post-title

Tanda-tanda keguguran saat hamil muda

Keguguran sebagian besar terjadi sebelum 10 minggu. Keguguran dapat memberikan dampak psikologis yang besar bagi ibu hamil🤰. Ada 2 jenis keguguran dan terdapat tanda-tanda terjadinya keguguran.


Dua jenis keguguran

✔️Keguguran berulang

Jenis keguguran berulang merupakan jenis keguguran yang sering terjadi. Ibu hamil mengalaminya berulang-ulang, ada yang tiga kali lebih dan berturut-turut. Penyebab terjadinya keguguran berulang adalah keberadaan janin👶 dalam kondisi yang tidak baik.

☹️Faktor penyakit

Faktor penyakit seperti anemia✨, hormonal, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan keguguran. Selain itu, jumlah sperma dari pasangan Anda yang sedikit juga merupakan penyebab lainnya.


Tanda-tanda terjadinya keguguran saat hamil muda

👶Pergerakan bayi yang tidak terasa

Jika selama beberapa hari Anda tidak merasakan pergerakan bayi Anda, Anda sebaiknya segera mengunjungi dokter👩‍⚕️ untuk segera dilakukan pemeriksaan. Terutama pada trimester kedua dan ketiga kehamilan, umumnya pergerakan bayi yang teratur dirasakan oleh ibu hamil.🤰

😫Terjadi perdarahan atau bercak darah

Keluarnya bercak darah atau perdarahan✨ biasanya merupakan tanda pertama keguguran yang amat sering dialami. Anda tidak perlu khawatir jika bercak darah yang keluar berwarna berwarna coklat atau merah muda. Tapi jika berwarna merah cerah dan keluar dalam jumlah banyak dan memiliki gumpalan, Anda harus segera ke dokter.👩‍⚕️

😖Kram pada perut

Jika ibu hamil merasakan rasa nyeri pada perutnya khususnya apabila hanya terasa nyeri di salah satu sisi perut, ini merupakan hal yang dapat berbahaya. Selain itu, kehamilan ektopik atau sel telur🥚 yang tertanam diluar rahim juga adalah kondisi yang berbahaya.

🤰Kelahiran secara prematur

Kelahiran prematur atau melahirkan sebelum waktunya adalah masalah kehamilan yang serius. Beberapa tanda-tanda melahirkan prematur yaitu, tekanan pada panggul, kontraksi yang terjadi tiap 10 menit⏲️, keputihan yang mengalami perubahan.