post-title

Kehamilan berjalan baik atau tidak di trimester pertama ini?

Wanita yang belum pernah hamil🤰 sebelumnya, pastinya bingung apakah tanda-tanda kehamilan yang dirasakan pada trimester pertama adalah tanda yang wajar atau tidak. Anda dapat menyimak bahasan berikut mengenai tanda kehamilan berjalan dengan baik✔️ maupun bermasalah pada trimester pertama.


Tanda kehamilan berjalan dengan baik di trimester pertama

👶Payudara terasa sakit dan membesar

Perubahan hormon terjadi sebagai persiapan untuk pembuatan saluran susu untuk menyusui🤱 bayi Anda nantinya. Karena itu, payudara terasa sakit.

🤮Morning sickness

Morning sickness memang sangat mengganggu, tapi ini merupakan pertanda bahwa kehamilan berjalan dengan baik. Ibu hamil🤰 yang mengalami morning sickness cenderung tidak akan mengalami persalinan prematur, tidak mengalami keguguran, dan bayi mereka akan lahir tanpa cacat dan dengan IQ🧠 yang lebih tinggi.

😴Mudah merasa lelah

Pada trimester pertama kehamilan, ibu hamil akan lebih merasa lelah. Hal ini terjadi karena tubuh sedang mempersiapkan banyak hal demi perkembangan janin👶. 

🍊Ngidam dan tidak ingin makan sesuatu

Sebagian besar ibu hamil ngidam ingin makan sesuatu. Dan sebagian besar ibu hamil lainnya juga memiliki makanan🍽️ yang mereka tidak ingin makan. Hal ini wajar, tapi tetap pastikan nutrisi bagi janin Anda tercukupi dengan baik.


Tanda kehamilan bermasalah

✨Kadar HCG yang rendah

HCG atau human chorionic gonadoptropin merupakan hormon yang diproduksi saat wanita sedang hamil🤰. Apabila kehamilan berjalan dengan normal, maka tingkat HCG biasanya sangat tinggi pada usia kehamilan 9 sampai 16 minggu.

❤️Tidak terdengar detak jantung

Detak jantung bayi biasanya sudah mulai bisa didengar dari minggu kesembilan kehamilan. Pada minggu awal, biasanya dokter👩‍⚕️ tidak terlalu mengkhawatirkan jika detak jantung janin tidak terdengar, tapi apabila sesudah melakukan kontrol beberapa kali juga tidak ditemukan detak jantung, dokter akan melihat kondisi janin👶 dengan melakukan USG.

😢Perdarahan dalam jumlah banyak

Jika ibu hamil mengalami perdarahan dalam jumlah banyak, hal ini perlu dikhawatirkan. Karena perdarahan merupakan salah satu tanda kehamilan🤰 Anda bermasalah.