post-title

Pilates pada trimester pertama kehamilan

Walaupun sedang hamil🤰, ibu hamil tetap harus berolahraga. Olahraga ringan yang dapat dilakukan oleh ibu hamil diantaranya, berenang🏊‍♀️, berjalan santai, pilates. Apa saja manfaat dari pilates bagi ibu hamil?


Amankah melakukan pilates saat trimester pertama kehamilan?

Mungkin ibu hamil merasa khawatir, apakah aman melakukan olahraga pilates saat hamil muda. Pilates aman dilakukan saat hamil muda. Tapi jangan terlalu memaksakan diri, sebaiknya ibu hamil fokus pada fondasi pilates contohnya stabilisasi dan pernapasan🌬️.

⛹️‍♀️Pilates yang dilakukan saat hamil memiliki manfaat untuk memperkuat tubuh ibu hamil. Pilates dapat membantu menghindari masalah pada postur tubuh yang bisa saja timbul karena beratnya perut ibu hamil. Ingat, semua jenis olahraga yang dilakukan bertujuan agar ibu hamil🤰 menjadi lebih fit, jadi jangan terlalu memaksakan diri atau berlebihan saat melakukannya.


Apa saja jenis latihan pilates di trimester pertama kehamilan?

🦶Plank dengan mengangkat kaki

Dengan melakukan plank, ibu hamil dapat melatih seluruh tubuh. Ditambah mengangkat kaki, dapat lebih menguatkan inti ibu hamil😉.

⚖️Side bend untuk stabilitas tubuh

Dengan melakukan side bend, dapat memperkuat sisi samping tubuh ibu hamil. Ingat, untuk tetap berpegangan tangan dengan partner💑🏽 agar lebih aman.

✔️Single leg press untuk melatih otot paha

Melakukan latihan single leg press dapat melatih otot paha belakang ibu hamil🤰. Selain itu, juga dapat melatih keseimbangan bahu.

😊Single leg bridge untuk melatih kekuatan otot gluteus

Melakukan latihan ini dapat memperkuat kekuatan otot gluteus atau pantat dan paha bagian belakang🦵. Selain itu, teknik ini juga dapat menguatkan inti tubuh.