post-title

Ambeien saat hamil? Tidaak!!

Ambeien dapat mudah terjadi saat seorang wanita sedang hamil🤰. Disebut juga wasir, merupakan membesar dan membengkaknya pembuluh darah di sekitar anus, bisa di luar maupun di dalam anus.


Apa saja jenis ambeien?

😫Ambeien eksternal

Ambeien eksternal atau ambeien luar merupakan ambeien yang tumbuh di luar tubuh. Ambeien eksternal umumnya berada di dekat anus dan tertutupi oleh kulit. Kulit yang menutupi ambeien ini bisa mengalami peradangan✨, dan menyebabkan rasa sakit.

😖Ambeien internal

Ambeien internal atau ambeien dalam merupakan ambeien yang tumbuh di dalam tubuh. Ambeien internal tumbuh di rektum. Ambeien ini dapat melebar sampai keluar anus⚡.


Tips cara atasi ambeien saat hamil

🪑Hindari duduk terlalu lama

Duduk terlalu lama pada satu posisi karena hal ini dapat menekan ambeien ibu hamil🤰. Jika duduk, pakailah bantal untuk alas saat duduk.

🛀Rendam bagian ambeien dalam air hangat

Ibu hamil dapat mencoba merendam bagian yang ambeien di dalam air hangat. Hal ini dapat memberi rasa nyaman. Hindari mencampur air dengan sabun🧼, cukup rendam dalam air hangat saja.

🌊Pastikan tubuh terhidrasi dengan baik

Selalu pastikan tubuh tidak kekurangan cairan. Banyak minum air putih baik untuk mencegah sembelit yang menyebabkan ambeien.😉

👩‍⚕️Kunjungi dokter

Jika ambeien yang dialami terasa sangat sakit, kunjungi dokter untuk meminta obat. Pastikan untuk berkonsultasi🏥 terlebih dahulu dengan dokter sebelum meminum obat untuk mengatasi ambeien.

💊 Minum suplemen serat

Kekurangan serat merupakan salah satu penyebab sembelit yang mengakibatkan ambeien. Ibu hamil dapat meminta dokter👩‍⚕️ kandungan untuk meresepkan suplemen serat yang aman untuk dikonsumsi.