post-title

Cara Atasi Morning Sickness

Morning sickness atau mual dan muntah🤮 sering dirasakan ibu hamil pada umumnya. Jangan salah dengan istilah morning, karena mual dan muntah dapat terjadi tidak hanya di pagi hari saja, tapi juga bisa terjadi saat siang☀️, sore maupun malam hari.


Apa yang menyebabkan terjadinya morning sickness?

👃Indra penciuman ibu hamil lebih peka

Wanita yang sedang hamil biasanya memiliki indra penciuman yang menjadi lebih peka. Hal ini memicu munculnya rasa mual😫.

✨Perubahan pada hormon

Hormon yang terbentuk pada masa kehamilan, yaitu hCG juga dipercaya mempengaruhi terjadinya morning sickness. Hormon hCG berperan menjaga hormon progesteron agar tetap stabil dan menjaga kehamilan🤰.


Cara mengatasi morning sickness

🧘🏻‍♀️Usahakan rutin berolahraga ringan

Rutin berolahraga ringan dapat membantu meredakan morning sickness. Ibu hamil dapat berjalan-jalan🚶‍♀️ santai di sekitar rumah untuk mendapatkan udara segar dan membuat tubuh lebih terasa fit.

✔️Minum vitamin B kompleks

Vitamin B kompleks dapat mengurangi rasa mual yang dialami ibu hamil. Ibu hamil dapat mendapatkan vitamin B kompleks secara alami dengan mengonsumsi kentang, bayam, ikan🐟, daging🥩.

😊Tetap pastikan tubuh terhidrasi dengan baik

Mual yang menyebabkan muntah dapat menyebabkan ibu hamil kekurangan cairan tubuh. Karena itu selalu pastikan cukup minum air putih untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi🌊 dengan baik. Selain itu, minum air putih di pagi hari setelah bangun tidur🛏️ juga dapat mengurangi rasa mual.


Ubah pola makan dengan cara berikut ini!

🍚Makan sebelum merasa lapar

Usahakan untuk makan sebelum merasa lapar dan segera makan biskuit sesudah bangun tidur🛏️. Hal ini untuk mencegah perut kosong yang akan memperburuk rasa mual.

🍲Hindari makan makanan berlemak

Makan makanan yang berlemak dapat memicu rasa mual. Selain itu, makanan yang pedas🌶️ juga tidak baik dimakan ibu hamil.

🍴Makan dalam porsi yang sedikit

Makan dalam porsi sedikit tapi sering dapat membantu meredakan mual dan muntah🤮. Selain itu, jangan makan sampai menunggu lapar. Karena perut kosong dapat memicu rasa mual.