post-title

Tips hindari keguguran trimester pertama!

Bisa memiliki anak👶 pastinya merupakan anugerah tak terhingga bagi semua orang tua. Karena itu pastinya, semua orang tua💑🏽 akan menjaga anaknya sebaik mungkin. Mari kita cari tahu apa saja penyebab dan bagaimana cara agar terhindar dari risiko keguguran.


Apa penyebab terjadinya keguguran?

Keguguran biasanya terjadi karena adanya kelainan genetik pada embrio👶. Selain itu, penyalahgunaan obat, riwayat diabetes, gangguan tiroid juga merupakan beberapa penyebab lain terjadinya keguguran. 

Pola hidup yang buruk, misalnya sering minum-minuman beralkohol, merokok🚬, kekurangan nutrisi yang parah juga bisa menyebabkan keguguran. Terkena paparan radiasi yang tinggi di tempat kerja, misalnya bekerja di rumah sakit🏥, juga berbahaya bagi kandungan ibu hamil.


Cara agar terhindar dari risiko keguguran pada trimester pertama

🚶‍♀️Terapkan gaya hidup sehat

Jika sebelumnya Anda memiliki pola hidup yang buruk, segeralah mengubahnya bahkan saat Anda mempersiapkan kehamilan. Tidur secara cukup😴, rutin berolahraga secara ringan🧘🏻‍♀️, makan makanan bergizi dapat menjaga kehamilan Anda.

✔️Mengonsumsi asam folat

Mengonsumsi asam folat bahkan saat Anda mempersiapkan kehamilan sangatlah baik. Ketika Anda sedang hamil🤰, pastikan untuk mengonsumsi 400 mikrogram asam folat tiap harinya untuk menurunkan risiko cacat pada bayi saat lahir dan menurunkan risiko keguguran.

👩‍⚕️Konsultasi dengan dokter jika Anda memiliki penyakit bawaan

Jika Anda mempunyai penyakit diabetes, darah tinggi, autoimun berkonsultasilah ke dokter. Tanyakan pada dokter bagaimana cara untuk mengelola penyakit yang Anda miliki dengan baik agar kehamilan berjalan dengan lancar😉.

🍽️Makan makanan yang matang

Hindari mengonsumsi makanan yang kurang matang atau mentah. Makanan yang kurang matang dapat membawa bakteri🦠 yang berbahaya bagi kesehatan. Karena itu, pastikan untuk memasak atau merebus makanan sampai benar-benar matang.

🧼Selalu jaga kebersihan

Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan diri maupun rumah🏠 Anda. Menjaga kebersihan dapat membuat Anda terhindar dari berbagai bakteri, virus yang dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan Anda dan janin. Selalu mencuci tangan, meminta tolong pada pasangan💑🏽 untuk rajin membersihkan kandang hewan peliharaan juga merupakan salah satu cara menjaga kebersihan.