post-title

Mengapa indra penciuman menjadi tajam saat hamil?

Indra penciuman👃 yang menjadi tajam saat hamil adalah hal yang umum dialami hampir semua ibu hamil. Hal ini menyebabkan ibu hamil menjadi merasa mual🤮, sakit kepala saat mencium bau tertentu.


Apa yang menyebabkan indra penciuman ibu hamil menjadi lebih sensitif?

✨Volume darah yang meningkat

Saat hamil, volume darah dalam tubuh ibu hamil meningkat hingga 50 persen. Hal ini menyebabkan seluruh bau yang tercium akan lebih cepat dihantarkan dan direspons otak🧠.

✔️Perubahan hormonal

Kadar hormon hCG yang menjaga kehamilan dan kadar hormon estrogen yang berubah juga merupakan salah satu penyebab indra penciuman ibu hamil menjadi lebih peka. Hormon-hormon ini memberikan pengaruh pada saraf yang menghantarkan sinyal bau👃 menuju otak.

🍃Mekanisme perlindungan alami

Beberapa ahli mengatakan indra penciuman ibu hamil yang sensitif merupakan mekanisme perlindungan alami janin👶 dari bau yang berbahaya. Contohnya, ibu hamil akan sensitif terhadap bau asap rokok, hal ini untuk mencegah janin ikut menghirup asap💨 rokok yang berbahaya bagi perkembangannya.


Tips berteman dengan indra penciuman yang menjadi lebih peka saat hamil

🧼Menggunakan deterjen yang tidak memiliki aroma

Selama hamil, sementara gunakanlah deterjen yang tidak memiliki aroma. Atau jika Anda ingin tetap menggunakan deterjen yang wangi, pilihlah yang memiliki wangi segar🌬️ seperti mint.

✔️Jaga kebersihan kulkas

Kulkas yang kotor akan berbau. Sehingga bau yang tidak enak di dalam kulkas dapat mempengaruhi makanan🍲 lainnya yang disimpan di dalam kulkas. Makanan atau buah akan menjadi ikut berbau tidak sedap yang dapat mengganggu ibu hamil yang indra penciumannya👃 sedang peka.

😉Pastikan ventilasi tetap terjaga dengan baik

Ventilasi rumah, terutama dapur harus terjaga dengan baik, contohnya untuk mengurangi bau menyengat masakan dari dalam rumah. Bukalah jendela rumah di pagi hari☀️ untuk membiarkan udara segar masuk ke dalam rumah.

💑🏽Beritahu pasangan Anda

Jangan sungkan untuk memberitahu pasangan maupun keluarga🏠 Anda bahwa Anda sedang lebih sensitif terhadap berbagai bau. Dengan memberitahu pasangan, ia bisa membantu Anda dengan misalnya, tidak memakai parfum yang beraroma👃 terlalu menyengat.