post-title

Penyebab Cepat Lelah saat Hamil

Sebagian besar wanita yang sedang hamil🤰 akan merasa mudah lelah dibanding biasanya. Banyak hal yang menyebabkan ibu hamil mudah merasa lelah😴, tapi terdapat juga berbagai cara untuk menguranginya!


Apa saja hal yang menyebabkan ibu hamil mudah merasa lelah?

🧲Kekurangan zat besi

Kekurangan zat besi selama hamil dapat menyebabkan anemia. Anemia dapat membuat ibu hamil🤰 mudah lelah, merasa lemas, pusing, bahkan bisa saja pingsan. Kadar zat besi yang dibutuhkan wanita selama hamil meningkat dua kali lipat dibanding sebelum hamil.

❤️Kondisi psikologis

Kondisi psikologis dapat menyebabkan ibu hamil merasa mudah lelah. Contohnya, gangguan kecemasan yang diderita ibu hamil. Karena merasa cemas tentang persalinan yang akan dilalui, memikirkan apakah dapat merawat anaknya👶 dengan baik dapat membuat ibu hamil mengalami gangguan kecemasan yang jika terus berlangsung, dapat berubah menjadi depresi.

🤮Mual dan muntah

Rasa mual dan muntah yang terjadi setiap hari pastinya akan menguras fisik dan mental ibu hamil. Selain itu, rasa mual juga membuat ibu hamil tidak nafsu makan🍲 sehingga kekurangan energi yang menyebabkan mudah kelelahan.


Tips mengurangi rasa lelah saat hamil

🌊Pastikan cukup minum air putih

Kekurangan cairan dalam tubuh dapat menyebabkan tubuh mudah merasa lelah dan lesu. Karena itu, pastikan tubuh terhidrasi dengan baik😉.

🍽️Konsumsi makanan bernutrisi

Pastikan untuk selalu makan makanan bernutrisi untuk menjaga kesehatan Anda dan janin. Hindari makan roti tawar putih dan fast food🍔 karena akan membuat ibu hamil merasa mengantuk. JIka ingin makan roti tawar, pilih roti gandum yang lebih bernutrisi✔️.

👩‍⚕️Berkonsultasi dengan dokter

Jika rasa lelah yang Anda rasakan sangatlah mengganggu, konsultasikan hal ini dengan dokter Anda. Dokter mungkin akan memeriksa dan memberikan vitamin🍊 atau suplemen tambahan.

🚶‍♀️Rutin berolahraga

Tetaplah rutin berolahraga ringan setiap harinya. Anda bisa berjalan-jalan santai di sekitar rumah, berenang, ataupun yoga🧘🏻‍♀️. Hal ini dapat membuat tubuh dan pikiran Anda menjadi lebih segar🌬️.