post-title

Panduan trimester pertama kehamilan

Seluruh suka😊 dan duka yang Anda rasakan saat hamil merupakan bagian dari proses yang sangat luar biasa✨. Mungkin Anda berpikir bahwa perut Anda belum terlihat menonjol tapi Anda sudah merasakan berbagai perubahan terjadi di dalam tubuh Anda.


Trimester pertama berlangsung sampai minggu keberapa?

🗓️Trimester pertama kehamilan

Trimester pertama kehamilan berlangsung dari minggu pertama hingga minggu ketiga belas kehamilan. Banyak perubahan yang akan terjadi pada fisik maupun kehidupan Anda. Anda dapat mengalami nyeri pada perut, mual, muntah🤮 , dan suasana hati❤️ yang mudah berubah.

👶Organ-organ bayi mulai terbentuk

Pada trimester pertama kehamilan, organ-organ✨ bayi mulai terbentuk. Saat ini, Anda akan mengalami banyak perubahan fisik dan psikologis.


Apa saja hal yang harus dilakukan saat hamil trimester pertama?

🍽️Konsumsi makanan bernutrisi

Atur pola makan Anda dan pastikan Anda makan makanan yang bernutrisi. Hindari berlebihan makan karbohidrat olahan, contohnya roti, nasi putih🍚, soda, dan permen🍬. Hal ini dapat menyebabkan bayi Anda lahir sangat besar.

✔️Minum vitamin prenatal

Minum vitamin prenatal sangatlah penting saat wanita sedang hamil. Rekomendasi jumlah asam folat yang diperlukan wanita saat hamil trimester pertama adalah sebanyak 600 mcg. Asam folat bermanfaat untuk menghindarkan bayi👶 dari risiko cacat lahir tabung saraf.

👩‍⚕️Rutin memeriksakan diri dengan dokter kandungan

Saat berkonsultasi dengan dokter kandungan, biasanya mereka akan meminta beberapa informasi diantaranya, ada atau tidaknya riwayat penyakit, bagaimana gaya hidup Anda selama ini, mengukur⚖️ berat dan tinggi badan Anda, memeriksa panggul, pap smear, tekanan darah, dan memberikan tanggal perkiraan kelahiran⏲️.

✍🏻Mulai merencanakan anggaran

Memulai merencanakan anggaran untuk keperluan bayi Anda sangatlah penting. Susunlah macam-macam perkiraan pengeluaran seperti, biaya popok, susu🍼, mainan, pakaian, check-up rutin ke dokter, dan sebagainya. Dengan menulisnya dapat membantu Anda merencanakan tabungan💰 dengan lebih jelas.

🛏️Tidur dengan cukup

Anda akan lebih mudah merasa lelah saat hamil dibandingkan sebelum hamil. Karena itu, pastikan Anda tidur malam dengan cukup dan beristirahatlah sebentar di siang hari☀️.


Hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan saat hamil trimester pertama

☕Mengonsumsi kafein

Mengonsumsi kafein dalam kadar yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kehamilan, bahkan keguguran😞. Kadar kafein yang disarankan bagi ibu hamil adalah kurang dari 200 mg per harinya.

🚬Merokok

Merokok saat hamil meningkatkan berbagai risiko gangguan kesehatan ibu dan bayi. Contohnya, bayi lahir dengan bibir👄 sumbing, memiliki masalah plasenta, bahkan dapat meningkatkan risiko lahir mati.