post-title

Perut kembung saat hamil

Perut kembung saat hamil merupakan kondisi yang umum dialami wanita saat hamil🤰. Jangan khawatir, kami akan memberikan penyebab dan tips cara mengatasi yang dapat segera Anda coba!


Apa saja yang menyebabkan perut kembung saat hamil?

👩Perut yang semakin besar

Organ pencernaan yang terletak di sekitar rahim menjadi tertekan karena ukuran rahim yang semakin besar. Organ pencernaan yang tertekan menyebabkan tidak dapat bekerja dengan lancar😫 sehingga perut menjadi kembung.

✨Perubahan hormon

Kadar hormon progesteron yang meningkat membuat perut ibu hamil menjadi kembung. Hal ini terjadi karena hormon progesteron yang meningkat menyebabkan jaringan otot polos di saluran pencernaan menjadi lemas sehingga lambat dalam mencerna makanan🍲. Makanan yang tak kunjung tercerna membuat gas💨 dalam perut meningkat yang menyebabkan kembung.


Tips cara atasi perut kembung saat hamil

🍽️Hindari makan terlalu cepat

Makan terlalu cepat menyebabkan Anda lebih banyak menelan udara🌬️ yang terdapat di dalam tiap suapan. Sehingga muncul gas lebih dari udara dalam suapan ini. Karena itu makanlah dengan pelan-pelan, kunyah makan secara perlahan.

🌊Banyak minum air putih

Banyak minum air putih memiliki berbagai manfaat bagi ibu hamil🤰. Cukup minum air putih dapat membantu memperlancar saluran pencernaan. Selain itu, cukup minum air putih juga membuat ibu hamil tidak mudah lelah dan lebih bertenaga.

🍴Makan dalam porsi kecil

Makan dalam porsi kecil tapi sering sangat membantu mengatasi perut kembung saat hamil. Karena dengan makan dalam porsi kecil-kecil, kerja sistem pencernaan menjadi lebih mudah😉.

😢Jangan makan makanan pencetus perut kembung

Beberapa makanan memiliki kandungan gula kompleks yang sulit dihancurkan tubuh yang menyebabkan perut kembung. Contoh makanan tersebut adalah sawi hijau, kangkung, kembang kol, brokoli🥦 yang tidak baik jika dimakan secara berlebihan.