post-title

Susah Buang Air Besar saat Hamil

Sulit buang air besar ketika hamil merupakan salah satu hal umum yang terjadi saat hamil🤰. Meskipun begitu, pastinya Anda ingin mengetahui apa saja sih penyebab dan cara mengatasinya kan? Yuk, kita simak bahasan berikut ini.


Penyebab susah buang air besar ketika hamil

🌊Kurang minum air putih

Kurang minum air putih dapat menyebabkan ibu hamil sulit buang air besar🚽. Hal ini terjadi karena kekurangan cairan tubuh membuat kerja saluran pencernaan menjadi tidak lancar.

🚶‍♀️Kurang berolahraga

Karena perut yang semakin membesar dan berbagai gejala lainnya seperti mual mungkin membuat ibu hamil menjadi malas untuk berolahraga. Padahal, olahraga ringan seperti yoga🧘🏻‍♀️ maupun jalan-jalan santai di sekitar rumah baik untuk memperlancar peredaran darah✨ maupun kerja sistem pencernaan.

🤰Ukuran rahim yang semakin besar

Semakin besar rahim menyebabkan organ-organ pencernaan, usus, rektum menjadi tertekan. Usus dan rektum yang tertekan ini menyebabkan ibu hamil menjadi sulit untuk buang air besar🧻.


Bagaimana cara mengatasi sulit buang air besar ketika hamil?

🚽Hindari menahan rasa ingin buang air besar

Segeralah pergi ke toilet jika Anda sudah mulai merasa ingin buang air besar. Menahan akan membuat tinja menjadi keras😖 nantinya.

🧘🏻‍♀️Cukup berolahraga ringan tiap hari

Berolahraga ringan setiap hari seperti berjalan santai🚶‍♀️ di taman dapat melancarkan kerja sistem pencernaan. Sistem pencernaan dan kerja usus yang lancar membuat buang air besar menjadi lancar!

🍽️Makan makanan yang memiliki kandungan serat tinggi

Makan cukup makanan yang berserat tinggi dapat membantu mengatasi masalah sulit buang air besar ketika hamil. Contoh makanan berserat tinggi, diantaranya sayuran🥕, beras merah, buah-buahan🍊.