post-title

Perubahan payudara selama kehamilan

Banyak ibu hamil🤰 yang kurang menyadari bahwa payudaranya mengalami banyak perubahan ketika hamil. Berikut perubahan-perubahan yang terjadi pada payudara ketika hamil dan bagaimana cara mengurangi rasa ketidaknyamanan yang muncul.


Apa saja perubahan-perubahan yang terjadi pada payudara saat hamil?

😫Payudara terasa sakit

Kadar hormon progesteron dan estrogen ibu hamil yang meningkat ketika hamil menyebabkan payudara terasa sakit. Aliran darah✨ yang meningkat ke payudara juga membuat payudara ibu hamil lebih sensitif.

✔️Payudara menjadi lebih besar

Hormon yang meningkat membuat payudara menjadi membesar. Hal ini terjadi karena kelenjar payudara sedang mempersiapkan ASI🍼 untuk anak Anda nantinya.

✨Pembuluh darah menjadi lebih jelas

Pembuluh darah yang berwarna kebiruan menuju ke payudara menjadi terlihat lebih jelas. Hal ini terjadi karena aliran darah yang meningkat hingga 50 persen ketika hamil🤰.

💭Warna areola menjadi lebih gelap

Kadar hormon progesteron dan estrogen yang meningkat menyebabkan warna areola menjadi lebih gelap. Puting ibu hamil👩 juga menjadi membesar dan gelap.

😢Puting menjadi sangat sensitif

Hormon yang tidak stabil di payudara menyebabkan puting menjadi sangat sensitif✨. Ada beberapa ibu hamil yang tidak ingin payudaranya disentuh karena tidak nyaman, dan ada juga yang menjadi lebih mudah terangsang ketika payudaranya disentuh.


Cara mengurangi ketidaknyamanan pada payudara saat hamil

☺️Gunakan bra dengan bahan yang nyaman

Pilih bra dengan bahan dari katun. Bahan katun membuat sirkulasi udara🌬️ di payudara menjadi lebih nyaman.

✔️Gunakan bra dengan ukuran yang tepat

Pilih bra dengan ukuran yang tepat. Tidak terlalu longgar dan tidak terlalu ketat membuat payudara menjadi lebih nyaman😉.

🚶‍♀️Pakai bra khusus saat berolahraga

Memakai bra khusus saat berolahraga akan membuat payudara ibu hamil👩‍🦱 menjadi lebih nyaman. Gunakan bra khusus yang dapat menopang payudara dengan tepat.