post-title

Uh! Hidung mampet!

Hidung tersumbat👃 merupakan salah satu kondisi yang kerap dialami wanita saat sedang hamil. Penyebab hidung tersumbat saat hamil tidak hanya karena rhinitis, tapi juga dapat disebabkan oleh hal-hal lainnya.


Apa yang menyebabkan hidung menjadi tersumbat ketika hamil?

🌺Alergi yang muncul saat hamil

Jika hidung tersumbat disertai dengan bersin, tenggorokan gatal, lendir encer, dan mata👀 yang berair hal ini merupakan pertanda alergi. Ketika hamil, ibu hamil dapat tiba-tiba menjadi mengembangkan alergi terhadap zat tertentu.

✨Rhinitis yang disebabkan hormon

Perubahan hormon selama hamil dapat menyebabkan hidung menjadi tersumbat. Kadar hormon estrogen dan volume darah yang meningkat mengakibatkan selaput hidung👃 menjadi bengkak. Hal ini membuat hidung mengandung banyak lendir.


Makan, mandi, tidur dengan cara ini!

🥄Makan sup kaldu hangat

Anda dapat makan sup kaldu hangat dan banyak minum air putih untuk membantu mengatasi hidung tersumbat. Selain dapat mengatasi hidung tersumbat, hal ini juga baik bagi kesehatan si kecil👶 di dalam kandungan.

🛀Mandi dengan menggunakan air hangat

Mandi dengan air hangat dapat membantu mengatasi hidung yang tersumbat. Ibu hamil juga dapat mencoba mencelupkan kain lembut ke dalam air hangat dan membasuhnya pada wajah👩‍🦱.

🛏️Tidur dengan menggunakan tumpukan bantal

Cobalah menggunakan tumpukan bantal yang lebih tinggi saat tidur😴. Hal ini dapat membuat ibu hamil bernapas dengan lebih nyaman.


Solusi lainnya untuk mengatasi hidung tersumbat ketika hamil

💭Hindari zat pemicu alergi

Hindari zat yang dapat memicu munculnya alergi Anda. Misalnya, polusi udara, asap knalpot💨, asap rokok.

👃Bersihkan saluran hidung dengan saline

Coba semprot saluran hidung dengan menggunakan cairan saline. Cairan saline membantu membuat lendir menjadi encer sehingga dapat mengatasi hidung yang tersumbat☺️.

🌬️Menggunakan humidifier

Menggunakan pelembab udara dapat menjaga udara tidak kering. Menjaga udara tetap lembab🍃 dapat membantu mengatasi masalah hidung tersumbat.