post-title

Mengenali gangguan makan pica

Saat seorang wanita sedang hamil🤰, ia dapat mengalami gangguan makan yang disebut pica. Mari kenali apa itu gangguan makan pica dan cara mencegah serta mengatasinya!


Penyebab terjadinya gangguan makan pica

Gejala gangguan makan pica merupakan gangguan makan ketika seseorang sering mengonsumsi hal yang bukan makanan dan tidak bernutrisi. Contohnya, es batu🧊, tanah, rambut.

Kekurangan zat besi adalah salah satu penyebab terjadinya gangguan pica. Selain itu kekurangan nutrisi lain juga dapat memicu terjadinya gangguan makan ini. Hal ini terjadi karena tubuh berusaha mencukupi kebutuhan nutrisi✔️ yang tidak cukup.


Dampak buruk yang dapat terjadi pada janin

Jika ibu hamil mengalami gangguan makan pica, hal ini dapat berdampak buruk bagi janin👶 dalam kandungan. Perkembangan dan kesehatan janin dapat terganggu, dan dapat berdampak buruk bagi anak di kemudian hari seperti, sulit belajar, memiliki IQ yang rendah🧠, sulit untuk berkonsentrasi, dan memiliki gangguan motorik.

Ngidam es batu yang dikarenakan gangguan pica saat hamil juga dapat menyebabkan ibu hamil terkena anemia dan berbagai komplikasi kehamilan. Masalah kehamilan tersebut diantaranya, muntah parah🤮, iritasi pada lambung, infeksi, dan turunnya berat badan.


Cara mengatasi gangguan makan pica saat hamil

👩‍⚕️Segera berkonsultasi dengan dokter

Jika Anda merasa memiliki gejala gangguan makan pica, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan memeriksa jika Anda mengalami kekurangan nutrisi tertentu😉.

🍬Coba mengalihkannya dengan makan permen karet

Anda bisa mencoba mengalihkan dengan makan permen karet. Pastikan permen karet yang Anda konsumsi tidak mengandung gula🍃.

🍊Konsumsi vitamin atau suplemen

Kekurangan nutrisi tertentu dalam tubuh merupakan salah satu penyebab munculnya gangguan makan pica. Karena itu, Anda bisa meminta dokter untuk meresepkan vitamin atau suplemen untuk mencukupi kebutuhan nutrisi✨ Anda.

👩Alihkan dengan makan makanan lainnya

Saat ibu hamil ngidam ingin makan makanan sesuatu yang tidak bernutrisi dan berbahaya, cobalah mengalihkannya dengan makan makanan lainnya yang bernutrisi. Terus menerus makan makanan yang tidak bernutrisi dapat berakibat buruk bagi ibu🤰 dan janin.