post-title

Nyeri panggul saat hamil

Nyeri panggul merupakan salah satu gejala kehamilan yang kerap dialami banyak ibu hamil🤰. Mari kita simak penyebab dan cara mengatasi nyeri panggul saat hamil!


Apa yang menyebabkan panggul terasa nyeri ketika hamil?

✨Perubahan hormon

Perubahan hormon yang terjadi selama hamil menyebabkan panggul terasa nyeri😞 saat hamil. Hormon progesteron dan relaksin menyebabkan ligamen menjadi lunak. Proses ini membuat panggul terasa nyeri.

😫Postur tubuh yang berubah

Perut yang semakin membesar menyebabkan panggul terasa semakin nyeri. Hal ini terjadi karena keseimbangan ibu hamil🤰 menjadi terganggu dan postur tubuh menjadi berubah.


Bagaimana cara mengatasi nyeri panggul yang terjadi saat hamil?

😊Menggunakan sabuk khusus

Anda dapat menggunakan sabuk khusus penyangga panggul ketika hamil. Sabuk dapat mengurangi tekanan pada panggul dan membuat sendi Anda lebih stabil⚖️.

🧊Kompres air dingin atau air hangat

Cara kompres dengan air dingin adalah dengan meletakkan es batu di atas handuk di atas area yang sakit lalu biarkan selama setengah jam. Selain itu, ibu hamil juga dapat mengompres area yang nyeri dengan air hangat🧖. Air hangat dapat melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lebih lancar.

🚶‍♀️Tetap beraktivitas seperti biasa

Walaupun panggul terasa nyeri, usahakan untuk tetap beraktivitas. Tapi, ibu hamil bisa lebih berhati-hati✔️ dengan tidak melakukan gerakan yang tiba-tiba.

👩‍🦱Melakukan terapi

Ibu hamil yang merasakan nyeri pada panggul biasanya akan direkomendasikan oleh dokter👩‍⚕️ untuk melakukan terapi. Terapi dilakukan untuk memperkuat pinggul, perut, otot dasar panggul, dan punggung.

✨Melakukan pijat dengan ahli profesional

Anda dapat melakukan pijat untuk mengurangi rasa nyeri di panggul. Tapi ingat, hal ini harus dilakukan oleh ahlinya👩. Pijat dilakukan untuk melemaskan otot-otot di panggul yang tegang.

🏊‍♀️Berolahraga ringan setiap hari

Berolahraga ringan baik untuk dilakukan saat hamil. Anda bisa berjalan santai, yoga🧘🏻‍♀️, berenang, ataupun melakukan senam untuk menguatkan pinggul Anda.