post-title

Kepala nyut-nyutan!

Sakit kepala dapat terjadi sepanjang masa kehamilan. Tidak perlu terlalu khawatir, karena hal ini wajar dialami semua ibu hamil. Berikut penyebab dan cara mengurangi rasa sakit kepala😫 saat hamil.


Apa yang menyebabkan sakit kepala selama hamil?

✨Kekurangan gula dalam darah

Kekurangan asupan gizi dapat membuat kadar gula dalam darah rendah. Kekurangan gula dalam darah dapat menyebabkan sakit kepala terjadi saat hamil🤰.

😞Kurang berolahraga

Kurang berolahraga dapat menyebabkan peredaran darah tidak lancar. Hal ini menyebabkan aliran oksigen ke otak🧠 menjadi tidak lancar yang membuat munculnya sakit kepala.

🌊Kekurangan cairan dalam tubuh

Kekurangan cairan dalam tubuh atau biasa disebut dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala. Apalagi jika ibu hamil🤰 juga mengalami mual dan muntah🤮, hal ini dapat menyebabkan ibu hamil lebih banyak kehilangan cairan.

😴Kurang tidur

Kesulitan untuk tidur dapat terjadi semakin besar usia kehamilan. Hal ini menyebabkan ibu hamil kurang tidur yang dapat menimbulkan sakit kepala😢.


Apa saja gejala sakit kepala ketika hamil?

💡Gejala dari sakit kepala tegang

Gejala dari sakit kepala tegang di antaranya kepala terasa berdenyut, sakit kepala tidak kunjung reda, rasa sakit menusuk di belakang mata👀.

⚡Gejala sakit kepala migrain

Sakit kepala migrain memiliki beberapa gejala yang berbeda jika dibandingkan sakit kepala biasa. Biasanya terdapat garis cahaya yang tertangkap mata, merasa mual🤢, dan muncul titik cahaya ketika melihat suatu objek.


Cara mengatasi sakit kepala saat hamil

🌬️Cukup minum air putih

Pastikan Anda cukup minum air putih untuk menjaga kadar cairan🌊 dalam tubuh. Hal ini dapat membantu mencegah sakit kepala.

🚶‍♀️Tetap berolahraga setiap hari

Rutin berolahraga dapat memperlancar peredaran darah dalam tubuh. Ibu hamil dapat berenang🏊‍♀️, yoga, berjalan santai sehingga tubuh dan pikiran menjadi lebih segar.

🍽️Hindari telat makan

Telat makan merupakan salah satu penyebab sakit kepala. Karena itu pastikan untuk makan tepat waktu⏲️. Walaupun Anda mungkin merasa mual, Anda bisa makan dalam porsi kecil tapi sering dalam sehari.

🛏️Cukup beristirahat

Pastikan agar Anda cukup tidur😴 setiap harinya. Tidur tepat waktu tiap hari juga dapat membantu Anda lebih mudah tidur.