post-title

Jerawat yang Muncul saat Hamil

Sebagian besar perempuan yang sedang hamil mengalami keluhan jerawat☹️ saat hamil. Meskipun jerawat merupakan masalah yang umum, tapi pastinya tetap mengganggu semua perempuan. Mari kita simak penyebab dan cara mencegah serta mengatasi jerawat ketika hamil!


Apa saja penyebab munculnya jerawat ketika hamil?

⚡Perubahan hormonal

Penyebab utama munculnya jerawat saat hamil adalah karena perubahan hormon. Terutama, hormon androgen yang meningkat merupakan penyebabnya. Hormon androgen merangsang kulit sehingga produksi sebum atau minyak🪔 menjadi berlebih.

😫Sebum yang berlebih

Sebum yang berlebih menyebabkan bakteri🦠 menjadi mudah berkembang dengan cepat. Ditambah apabila pori-pori kulit tersumbat, hal ini dapat menyebabkan jerawat lebih mudah muncul.

😞Kurang menjaga kebersihan

Jika Anda jarang mencuci muka dengan benar, hal ini dapat memicu timbulnya jerawat. Khususnya setelah ber-make-up, Anda sebaiknya membersihkan wajah dengan sabun🧼 cuci muka hingga bersih.


Tips mencegah dan atasi jerawat saat hamil!

👩‍🦱Menjaga kebersihan rambut

Jika Anda jarang keramas, hal ini dapat menyebabkan minyak rambut yang kotor turun ke wajah. Hal ini menyebabkan munculnya jerawat. Karena itu, rajin mencuci rambut sangat baik untuk mencegah😉 timbulnya jerawat.

✔️Mencuci wajah dengan benar

Rutin mencuci wajah baik untuk mencegah maupun mengatasi jerawat. Namun, pastikan untuk mencuci wajah tidak terlalu sering karena akan membuat kulit menjadi kering. Hindari menggosok wajah terlalu kencang😭 karena dapat menyebabkan iritasi.

👩‍⚕️Berkonsultasi dengan dokter

Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika ingin memakai obat💊 jerawat. Karena ada beberapa obat jerawat yang harus dihindari oleh ibu hamil, diantaranya, antibiotik tetracycline, isotretinoin, adapalene.