post-title

Sulit Tidur Saat Hamil

Sulit tidur😴 kerap dialami oleh wanita yang sedang hamil. Hal ini terjadi karena rasa tidak nyaman yang dirasakan pada tubuhnya karena banyaknya perubahan yang terjadi saat seorang wanita sedang hamil.


Penyebab ibu hamil sulit tidur

😞Perubahan hormon

Hormon progesteron yang meningkat selama hamil menyebabkan ibu hamil sulit tidur. Kesulitan untuk tidur ini terutama terjadi pada trimester pertama kehamilan. Sulit tidur ini menyebabkan ibu hamil juga lebih mudah merasa lelah🛏️.

🤮Rasa mual

Rasa mual juga kerap dirasakan ibu hamil. Rasa mual ini apalagi jika terjadi di malam hari menyebabkan ibu hamil menjadi sulit tidur.

⚡Payudara yang terasa nyeri

Banyak perubahan yang terjadi pada payudara saat wanita sedang hamil. Payudara terasa nyeri, sensitif, dan lebih kencang🤏 dibanding sebelum hamil. Hal ini membuat ibu hamil menjadi sulit tidur terutama saat hamil muda.


Tips atasi sulit tidur saat hamil

😉Buat suasana tidur senyaman mungkin

Cobalah membuat suasana tidur senyaman mungkin. Usahakan untuk tidak menggunakan gadget sebelum tidur, dan redupkan lampu💡 kamar.

🌊Usahakan agar selalu cukup minum air putih tiap hari

Cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan cukup minum air putih. Banyak minumlah pada pagi dan siang hari dan batasi saat malam hari. Hal ini untuk mencegah Anda sering ke toilet🚽 saat malam hari.

😴Coba mengganti posisi tidur

Anda bisa mencoba mengganti posisi tidur agar Anda dapat lebih mudah terlelap. Tidur dalam posisi miring bermanfaat untuk meningkatkan nutrisi dan aliran darah menuju janin👶.

⏲️Usahakan untuk tidur di waktu yang sama tiap harinya

Tidur di waktu yang sama tiap hari dapat membantu tubuh lebih mengenali jam tidur. Sehingga, Anda akan lebih mudah tertidur di malam hari.🌙

🚶‍♀️Rutin berolahraga ringan

Berolahraga ringan dapat membuat peredaran darah lancar dan membuat Anda lebih mudah tertidur di malam hari. Ibu hamil dapat melakukan olahraga ringan seperti berenang, yoga🧘🏻‍♀️, dan senam khusus untuk ibu hamil.