post-title

Apa itu pregnancy brain?

Pregnancy brain🧠 merupakan keluhan yang kerap dialami wanita yang sedang hamil. Ibu hamil menjadi susah untuk fokus dan mudah lupa. Mengapa hal ini dapat terjadi? Mari kita simak ulasannya berikut ini!


Apa yang menyebabkan ibu hamil mengalami pregnancy brain?

✨Perubahan hormonal

Perubahan hormon selama hamil diduga menjadi salah satu penyebab pregnancy brain. Hal ini karena perubahan pada hormon kehamilan berpengaruh terhadap kerja sistem saraf pada otak.

😴Kurang istirahat

Ibu hamil akan mengalami kesulitan untuk tidur karena banyaknya perubahan yang terjadi dalam tubuhnya yang menyebabkan rasa tidak nyaman. Kurang istirahat karena sulit tidur🛏️ nyenyak di malam hari dapat menyebabkan ibu hamil menjadi sulit untuk fokus.

☹️Merasa stres

Kehamilan membawa banyak perubahan dalam hidup seorang wanita. Hal ini dapat menyebabkan ibu hamil menjadi stres karena terus beradaptasi dengan perubahan yang dialami, dan juga banyak hal yang dipikirkannya. Stres dapat menyebabkan ibu hamil sulit untuk berkonsentrasi😫 dan menjadi pelupa.


Solusi mengatasi pregnancy brain

🛏️Pastikan tidur dengan cukup

Tidur yang cukup di malam hari dapat membantu Anda menjadi lebih fokus dalam beraktivitas. Usahakan untuk tidur di waktu yang sama⏲️ setiap harinya untuk membantu Anda lebih mudah terlelap.

✔️Buat catatan daftar kegiatan harian

Anda dapat membuat daftar kegiatan harian tiap harinya untuk membantu agar Anda mengingat apa saja hal yang harus dilakukan. Tandai pula hal yang menjadi prioritas untuk dikerjakan🚶‍♀️.

🧘🏻‍♀️Olahraga ringan setiap hari

Olahraga ringan setiap hari dapat membantu melancarkan peredaran darah. Sirkulasi darah yang lancar membantu otak🧠 untuk lebih fokus.

🤳Rekam atau ambil foto

Anda dapat merekam atau mengambil foto untuk membantu mengingat suatu hal. Misalnya, Anda dapat mengambil foto letak mobil🚗 Anda saat di parkir di pusat perbelanjaan. Hal ini membantu Anda untuk mencari mobil Anda nantinya.