post-title

Gimana ya posisi tidur saat hamil?

Banyak ibu hamil yang merasa sulit untuk tidur. Terdapat beberapa posisi tidur yang disarankan agar ibu hamil dapat tidur dengan nyaman😴 dan janin juga aman.


Seperti apa posisi tidur yang disarankan untuk ibu hamil?

🛏️Posisi miring ke kiri

Miring ke kiri membuat aliran darah menuju ke plasenta naik. Aliran darah ke plasenta yang meningkat membuat janin mendapat aliran darah dengan lebih maksimal. Tidur miring ke kiri juga bermanfaat bagi organ hati❤️ agar tidak tertekan.

😉Letakkan bantal di bagian bawah tubuh

Coba letakkan bantal di bagian bawah tubuh agar dapat tidur dengan lebih nyaman. Hal ini membuat ibu hamil lebih mudah bernafas🌬️ karena dadanya akan sedikit terangkat.

☺️Posisikan bantal di bawah perut

Meletakkan bantal di bawah perut dan diantara lutut adalah posisi yang disarankan. Hal ini berguna untuk menjaga posisi ibu hamil🤰 tetap miring.


Posisi tidur yang harus dihindari ibu hamil

😴Posisi miring ke kanan

Posisi tidur miring ke kanan berbahaya bagi ibu hamil. Hal ini karena dapat menekan organ hati yang terletak di sebelah kanan tubuh. Selain itu, juga dapat menyebabkan asupan nutrisi ke janin👶 menjadi berkurang.

🦶Posisi kaki lebih tinggi

Tidur dengan posisi kaki lebih tinggi dapat berbahaya bagi janin. Hal ini karena asupan oksigen💨 janin menjadi berkurang dan mempersempit ruang janin.

😖Posisi tidur telentang

Mulai trimester kedua, ibu hamil harus menghindari tidur dengan posisi telentang. Hal ini karena dapat berbahaya bagi janin👶 dan kesehatan ibu hamil. Janin dapat kekurangan asupan nutrisi, dan dapat menyebabkan kematian.

🛏️Tidur dengan posisi tengkurap

Tidur dalam posisi tengkurap berbahaya bagi janin. Karena janin akan tertekan apalagi jika perut ibu sudah sangat besar🤰, tentunya tidur dengan posisi tengkurap akan semakin berbahaya.