post-title

Heartburn! Dada rasanya seperti terbakar

Ibu hamil dapat mengalami keluhan heartburn saat sedang hamil. Dada terasa seperti terbakar, dan perih yang dikarenakan naiknya asam lambung. Apa saja penyebab dan bagaimana mengatasi heartburn❤️?


Apa saja penyebab terjadinya heartburn saat hamil?

💨Melambatnya kinerja pencernaan

Saat hamil, kinerja pencernaan menjadi melambat. Hal ini menyebabkan terjadinya heartburn. Kinerja pencernaan yang melambat ini membantu bayi👶 mendapatkan nutrisi dengan lebih baik.

✨Perubahan hormonal

Hormon progesteron yang meningkat saat hamil menyebabkan otot di sekitar esofagus menjadi melemas. Hal ini menyebabkan asam lambung naik💭 ke kerongkongan dan juga menyebabkan heartburn.


Bagaimana cara mengatasi heartburn saat hamil?

🍊Makan buah pepaya

Makan buah pepaya dapat membantu mengatasi heartburn. Pepaya juga baik untuk kesehatan😊 karena mengandung banyak vitamin A dan C.

🥜Makan kacang almond

Makan kacang almond dapat membantu mencegah dan mengatasi heartburn. Ini disebabkan kacang almond memiliki kemampuan menetralkan✔️ cairan di perut.

🛏️Hindari langsung berbaring sesudah makan

Langsung berbaring sesudah makan dapat menyebabkan terjadinya heartburn. Hal ini terjadi karena berbaring menyebabkan asam lambung naik🌬️ ke kerongkongan.

😉Minumlah air di sela-sela makan

Minum air putih🧊 di sela-sela makan dapat membantu pencernaan lebih lancar. Pencernaan yang lebih lancar dapat membantu mencegah terjadinya heartburn.

🍬Kunyah permen karet

Cobalah untuk mengunyah permen karet tanpa gula setelah makan. Mengunyah permen karet tanpa gula🍃 dapat membantu menetralkan asam yang terdapat di kerongkongan.

🌶️Hindari makan makanan pencetus asam lambung

Makan makanan pedas, berminyak dapat memicu asam lambung. Selain itu, hindari minum kafein☕ seperti kopi dan teh karena minuman-minuman tersebut juga memicu timbulnya asam lambung naik ke kerongkongan.