post-title

Gangguan penglihatan saat hamil

Gangguan penglihatan saat hamil adalah salah satu keluhan yang dialami ibu hamil. Walaupun mata Anda tidak minus, tapi ibu hamil dapat memiliki penglihatan👀 kabur ketika hamil. Apa yang menyebabkannya dan bagaimana mengatasi hal ini?


Apa yang menyebabkan ibu hamil mengalami gangguan penglihatan?

😢Terjadi penumpukan cairan

Penumpukan cairan yang dialami ibu hamil dapat menyebabkan gangguan penglihatan. Penumpukan cairan mempengaruhi ketebalan kornea dan bentuknya yang membuat penglihatan menjadi kabur💭. Biasanya kondisi ini akan sembuh dengan sendirinya setelah melahirkan.

🥤Memiliki riwayat diabetes

Jika ibu hamil memiliki riwayat diabetes, ibu hamil sebaiknya sering kontrol ke dokter untuk selalu memeriksakan kondisi gula darah, dan kesehatannya. Karena apabila gula darah tidak terkontrol dengan baik😖 dapat memicu timbulnya retinopati diabetik, dimana penyakit ini menyerang pembuluh darah kecil pada retina mata.

⚡Memiliki riwayat darah tinggi

Ibu hamil yang memiliki tekanan darah tinggi hingga lebih dari 140/90 mm Hg dapat berpotensi mengalami gangguan pada penglihatan. Darah tinggi juga dapat menyebabkan pengaruh buruk bagi janin👶.

🤓Kondisi mata kering

Kondisi mata yang kering dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada mata. Ibu hamil memiliki hormon✨ yang berfluktuatif sehingga menyebabkan produksi air mata menjadi berkurang.

☹️Mengalami sakit kepala migrain

Sebelum migrain menyerang, biasanya ibu hamil akan merasakan aura. Aura ini salah satunya adalah penglihatan👀 terasa buram.


Bagaimana cara mengatasi penglihatan yang buram ketika hamil?

😴Sering mengistirahatkan mata

Rutin mengistirahatkan mata ketika beraktivitas dapat membantu mengatasi penglihatan yang buram saat hamil🤰. Istirahatkan mata tiap 20 menit selama 20 detik sambil melihat objek pada jarak 20 kaki.

✔️Kurangi penggunaan softlens

Jika biasanya ibu hamil menggunakan softlens, gantilah dengan menggunakan kacamata🤓. Penggunaan softlens yang terus menerus dapat menyebabkan mata menjadi kering yang menyebabkan mata menjadi buram.