post-title

Melasma, bercak coklat saat hamil

Melasma biasa terjadi saat wanita sedang hamil. Biasanya muncul bercak coklat di beberapa bagian tubuh seperti leher dan wajah. Apa yang menyebabkan munculnya melasma ketika hamil🤰? Dan bagaimana mengatasinya?


Mengenal lebih dalam melasma yang muncul saat hamil

❓Melasma muncul di bagian tubuh mana saja?

Melasma biasanya muncul pada dahi, sekitar bibir bagian atas, tulang pipi, dan hidung👃. Selain itu, melasma juga dapat terlihat di lengan, sepanjang garis rahang, atau bagian tubuh lain yang terkena sinar matahari.

✔️Turunkan risiko melasma dengan melakukan hal berikut ini!

Menghindari sinar matahari langsung dengan mengenakan kacamata hitam, topi, dan baju lengan panjang dapat membantu mencegah munculnya melasma. Pastikan juga untuk mencukupi kebutuhan asam folat dengan mengonsumsi makanan seperti jeruk🍊, bayam, kacang-kacangan, nasi karena dapat mengurangi hiperpigmentasi.


Penyebab munculnya melasma ketika hamil

☹️Mengalami stres

Stres ketika hamil merupakan salah satu faktor penyebab munculnya melasma ketika hamil🤰. Selain itu, memiliki riwayat penyakit tiroid juga dapat menyebabkan munculnya melasma.

✨Pengaruh hormonal

Pengaruh hormon kehamilan juga mempengaruhi timbulnya melasma😞. Peningkatan kadar hormon kehamilan memicu meningkatnya produksi melanin pada tubuh.

☀️Sinar matahari

Radiasi sinar ultraviolet dari sinar matahari dapat mempengaruhi munculnya melasma. Hal ini disebabkan sinar ultraviolet memperbanyak produksi pigmen melanin yang mengakibatkan munculnya warna🎨 gelap di kulit.


Cara mengatasi melasma saat hamil

⚡Hindari melakukan wax

Melakukan wax dapat menyebabkan melasma semakin parah😢. Hal ini karena melakukan wax memicu radang pada kulit.

👩‍🦱Hindari memakai produk pencerah wajah

Ada produk perawatan kulit untuk mencerahkan wajah yang memiliki kandungan yang berbahaya bagi ibu hamil🤰. Contohnya, produk pencerah wajah yang mengandung retinoid, steroid, dan hidrokuinon.

🪔Menggunakan produk perawatan kulit dari tumbuhan

Saat hamil, sebaiknya Anda menggunakan produk perawatan kulit yang berasal dari tumbuhan🥦 untuk mengatasi melasma. Hal ini karena produk perawatan kulit lainnya belum terjamin aman pada wanita hamil.

🧴Menggunakan sunscreen

Gunakan sunscreen terutama saat Anda pergi keluar rumah🏠. Sunscreen dapat membantu mengatasi dan mencegah munculnya melasma. Pastikan untuk memakai sunscreen yang mengandung titanium dioxide atau zinc oxide ketika hamil.