post-title

Mengapa ukuran kaki berubah saat hamil?

Perubahan ukuran kaki saat hamil merupakan hal yang umum terjadi. Terdapat beberapa penyebab mengapa ukuran kaki🦶 dapat berubah saat hamil.


Apa yang menyebabkan ukuran kaki ibu hamil berubah?

✨Perubahan hormonal

Perubahan yang terjadi pada hormon saat hamil menyebabkan ukuran kaki ibu hamil🤰 berubah. Hormon relaxin yang dihasilkan selama hamil melonggarkan ligamen sehingga membuat ukuran kaki ibu hamil membesar.

🌊Peningkatan penyimpanan cairan

Saat hamil, retensi cairan sering terjadi. Hal ini berdampak membengkaknya beberapa bagian tubuh, yaitu tungkai🦵 bawah kaki.

⚖️Berat badan yang bertambah

Berat badan yang meningkat saat hamil menyebabkan ukuran kaki ibu hamil membesar. Hal ini karena berat badan yang meningkat memberikan tekanan lebih pada kaki🦶.


Tips atasi kaki yang membesar saat hamil

🛏️Mengubah posisi tidur

Tidur miring ke kiri memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil. Salah satunya yaitu dapat mengurangi tekanan pada pembuluh✨ darah vena cava inferior. Hal ini dapat memperlancar aliran darah ke jantung❤️ sehingga mengurangi cairan yang menumpuk yang menyebabkan kaki bengkak.

🍽️Menjaga pola makan

Hindari mengonsumsi makanan yang banyak mengandung garam🧂, dan kafein. Karena makanan dan minuman tersebut dapat membuat bengkak menjadi lebih parah. Selain itu, pastikan asupan kalium tercukupi.

💭Kompres dengan air hangat

Cobalah untuk mengompres jari kaki maupun tangan yang bengkak dengan menggunakan air hangat. Air hangat dapat memperlancar😉 peredaran darah sehingga juga memperlancar aliran darah ke jantung.

🌊Pastikan cukup minum air putih

Menjaga tubuh terhidrasi dengan baik membantu mengatasi bengkak pada kaki🦵. Alasannya, cairan berlebih yang menyebabkan terjadinya bengkak, dapat ditarik dan dikeluarkan melalui urine🚽.