post-title

Wow, bayi bisa cegukan di dalam kandungan!

Bayi yang berada di dalam kandungan juga bisa cegukan lho! Hal ini terjadi karena bayi👶 sudah mulai berlatih bernapas. Tapi, bagaimana membedakan bayi sedang cegukan atau sedang menendang?


Bagaimana membedakan bayi sedang cegukan atau menendang?

Ibu hamil yang baru pertama kali mengalami kehamilan wajar bila belum dapat membedakan apakah bayi di dalam kandungannya sedang cegukan atau menendang. Anda dapat membedakannya dengan cara bergerak🚶‍♀️.

Bila terasa denyutan hanya di satu sisi perut, maka kemungkinan besar bayi Anda sedang cegukan😉. Cegukan juga biasanya lebih memiliki irama dibanding gerakan lainnya seperti tendangan.


Apa saja hal yang menyebabkan bayi Anda cegukan di dalam perut?

☺️Sistem pernapasan bayi sedang berkembang

Cegukan yang dialami bayi merupakan pertanda yang baik. Hal ini menandakan sistem pernapasan bayi sedang berkembang, lebih tepatnya diafragma bayi Anda berkembang dengan baik✔️!

👶Refleks yang dilakukan bayi

Bayi yang sedang cegukan di dalam kandungan dapat menandakan ia sedang berlatih menyusui🤱. Bayi sedang mengisap jempolnya yang menyebabkan ia mengalami cegukan.

😢Melilitnya tali pusar

Tali pusar yang melilit juga bisa menjadi salah satu penyebab bayi Anda mengalami cegukan. Anda harus memperhatikan apakah durasi⏲️ maupun irama cegukan mengalami perubahan. JIka hal ini terjadi, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter👩‍⚕️.


Jika cegukan bayi tidak kunjung berhenti, apakah ada hal yang bisa dilakukan?

Rasanya pasti tidak nyaman jika cegukan bayi Anda tidak kunjung berhenti. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghentikannya.

🌊Minum banyak air putih

Anda dapat minum banyak air putih untuk membantu menghentikan cegukan yang bayi👶 Anda alami. Hal ini karena, bayi Anda mungkin kekurangan cairan yang menyebabkan dirinya menjadi cegukan.

✨Makan makanan yang kaya protein

Anda sebaiknya makanan makanan yang banyak mengandung protein jika bayi Anda sering mengalami cegukan. Protein dapat membantu menenangkan😊 bayi sehingga dapat mengurangi intensitas cegukan.


Waspadai kondisi cegukan ini!

Anda sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter kandungan👩‍⚕️ jika pada akhir kehamilan Anda merasakan bayi Anda terus menerus cegukan. Hal ini dapat menyebabkan komplikasi prolaps tali pusat, yang dapat menyebabkan kerusakan pada otak🧠 bayi, perubahan pada detak jantung, bahkan kematian.