post-title

Mengenal sindrom lorong karpal ketika hamil

Sindrom lorong karpal, yang disebut juga carpal tunnel syndrome (CTS) merupakan suatu kondisi dimana tangan🤏 maupun pergelangan tangan ibu hamil mengalami kesemutan, nyeri, hingga mati rasa.


Apa yang dimaksud dengan sindrom lorong karpal?

Sindrom lorong karpal merupakan kondisi yang kerap dialami wanita dibanding pria. Hal ini terjadi karena lorong karpal wanita👩 lebih kecil daripada pria. Sindrom ini terjadi karena terdapatnya tekanan di saraf median yang melintang melewati struktur pergelangan tangan yang berbentuk terowongan. Terowongan inilah yang disebut dengan lorong karpal.


Seperti apa gejala dari sindrom ini?

Sindrom lorong karpal memiliki gejala yang mudah diketahui. Pertama, tangan maupun pergelangan terasa kesemutan, mati rasa, nyeri, hingga ke jari tangan✋. Kedua, rasa nyeri semakin tidak tertahankan saat tangan diputar. Ketiga, sering menjatuhkan barang yang digenggam. Berikutnya, bahu terasa tidak nyaman. Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter👩‍⚕️ jika mengalami gejala-gejala tersebut.


Apakah sindrom lorong karpal dapat diatasi?

Anda dapat mengurangi gejala maupun mengatasi sindrom lorong karpal dengan melakukan beberapa hal berikut ini.

😊Melakukan terapi pijat

Ibu hamil yang mengalami sindrom ini dapat melakukan terapi pijat untuk meredakannya. Ingat, terapi pijat sebaiknya dilakukan oleh terapis yang bersertifikat👩‍⚕️. Anda juga dapat memijat sendiri dengan memulai pijatan dari area lipatan siku, lalu turun menuju pergelangan tangan. Kemudian, buat gerakan melingkar di area pergelangan tangan.

✔️Gunakan penyangga tangan

Memakai penyangga tangan terutama ketika tidur😴 dapat membantu mengurangi tekanan pada pergelangan tangan. Penyangga membuat tangan tetap lurus dan tidak terpelintir⚡ yang dapat memperparah rasa sakit.