post-title

Keluhan yang umum terjadi pada trimester kedua kehamilan

Selamat!🎈 Anda sudah memasuki trimester kedua kehamilan! Mari mengenali terlebih dahulu apa saja keluhan yang umum terjadi selama trimester kedua ini agar Anda dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik.


Kondisi pada trimester kedua kehamilan

🙋Apakah di trimester kedua gejala yang dialami akan semakin buruk?

Trimester kedua kehamilan biasa dimulai dari usia kandungan 13 minggu. Jangan khawatir! Memasuki trimester kedua bukan berarti gejala yang dirasakan akan semakin buruk. Pada umumnya, morning sickness🤮 yang sering terjadi di trimester pertama akan menghilang. Ibu hamil juga merasa lebih berenergi di trimester kedua ini.

✍🏻Pemeriksaan yang akan dilakukan dokter di trimester kedua

Di trimester kedua kehamilan, dokter biasanya akan melakukan berbagai pemeriksaan. Di antaranya, berat badan⚖️, tes cacat lahir, tes genetik, tekanan darah, skrining diabetes gestasional.


Perubahan yang akan dirasakan di trimester kedua kehamilan

📝Berikut beberapa perubahan yang akan dirasakan!

Di trimester kedua, ibu hamil akan merasa nafsu makannya membaik, rambut lebih tebal, dan berat badan naik 1,5 hingga 2 kg tiap bulannya. Payudara juga terasa membesar dan nyeri, warna kulit mulai berubah, muncul stretch mark dan kaki kram terutama ketika tidur😴.

💑🏽Bagaimana dengan gairah seksual ibu hamil di trimester kedua ini?

Jika di trimester pertama sebagian besar ibu hamil gairah seksualnya menurun, maka di trimester kedua, gairah seksual💖 ibu hamil akan meningkat. Biasanya peningkatan dimulai dari akhir trimester pertama dan memasuki trimester kedua.


Apa saja keluhan yang biasanya terjadi pada trimester kedua kehamilan?

😞Sakit punggung

Pada trimester kedua, punggung akan terasa nyeri dan sakit. Hal ini terjadi karena berat badan yang semakin bertambah memberikan tekanan pada punggung. Apalagi jika Anda gemar memakai sepatu hak tinggi👠, sebaiknya segera hindari memakainya karena akan semakin membuat punggung Anda terasa sakit.

🤰Perut yang semakin membesar

Memasuki trimester kedua, rahim semakin membesar. Rahim yang semakin membesar menyebabkan perut juga semakin besar. Hal ini membuat perut bagian bawah Anda terasa sakit⚡ karena tekanan yang dirasakan otot bagian bawah juga semakin besar.

😖Mengalami keputihan

Keputihan yang disebabkan oleh infeksi jamur🍄 sering terjadi pada trimester kedua kehamilan. Ciri dari keputihan akibat jamur adalah keputihan yang berwarna hijau ataupun kuning, mengeluarkan bau tidak sedap, vagina terasa gatal.

🦵Kaki terasa kram

Kram pada kaki akan terjadi pada trimester kedua. Regangkan tubuh dan kaki sebelum tidur🛏️ di malam hari karena umumnya kram kaki lebih sering terasa di malam hari. Cukupi pula asupan magnesium, cairan, dan kalsium untuk mengurangi risiko kram pada kaki🦶.

❤️Nyeri pada ulu hati

Nyeri pada ulu hati terjadi karena kadar hormon progesteron yang meningkat. Hormon tersebut melemaskan cincin otot pada area esofagus bawah yang mengakibatkan asam lambung naik😫 ke kerongkongan.