post-title

Gusi berdarah saat hamil

Ibu hamil🤰 akan sering mengalami gusi berdarah. Saat hamil, gusi menjadi lebih sensitif, lunak, dan mudah berdarah. Tapi, jangan khawatir! Anda dapat mencegahnya dengan meningkatkan kebersihan mulut👄 Anda.


Apa yang menyebabkan gusi menjadi mudah berdarah ketika hamil?

🦷Kurang menjaga kebersihan rongga mulut

Karena ibu hamil merasa sering mual, hal ini seringkali membuatnya menjadi enggan untuk sering menggosok giginya. Jarang menyikat gigi dapat membuat gigi menjadi berlubang yang menyebabkan infeksi gigi serta gusi👄. Bahkan hanya dengan menyikat gigi saja, makanan terkadang masih terselip di sela-sela gigi. Karena itu, disarankan pula untuk menggunakan benang gigi jika merasa masih ada makanan🍚 yang terselip.

✨Menurunnya kadar air liur

Saat hamil, peningkatan jumlah hormon menyebabkan menurunnya kadar air liur di mulut. Sedikitnya jumlah air liur dalam mulut membuat makanan menjadi lebih lama menempel😢 pada gigi yang menimbulkan plak. Plak yang menumpuk di gigi menyebabkan gusi mudah berdarah.

🍲Berubahnya menu makanan yang dikonsumsi

Ketika hamil, biasanya ibu hamil akan lebih banyak mengonsumsi makanan yang dapat membantu mengurangi mual-mual🤮 yang dialaminya. Ibu hamil menjadi lebih sering makan permen🍬 untuk menghilangkan rasa mual, dan berbagai makanan lainnya yang merupakan efek dari ngidam yang sering dirasakan ibu hamil.

☹️Air liur menjadi lebih asam

Saat sedang hamil, air liur ibu hamil tidak hanya menjadi lebih sedikit, tapi juga menjadi lebih asam! Air liur yang asam menyebabkan gigi🦷 menjadi lebih mudah berlubang, serta gusi menjadi lebih mudah berdarah.


Solusi ampuh atasi gusi yang mudah berdarah saat hamil!

Lalu apakah ada cara untuk mengatasi gusi yang mudah berdarah ini? Jawabannya… tentunya ada!😉 Anda dapat berkumur dengan mouthwash yang aman bagi ibu hamil. Hindari berkumur dengan mouthwash yang mengandung alkohol. Berkumur dengan mouthwash🍃 bukan berarti Anda tidak perlu menggosok gigi ya! Anda dapat berkumur setelah menyikat gigi dengan bersih.

Selain itu, Anda dapat mencoba cara alami dengan berkumur air garam. Siapkan air hangat dan campur dengan satu sendok teh garam. Lakukan setiap hari. Mengapa garam🧂 dapat mengatasi gusi yang mudah berdarah? Hal ini karena garam memiliki kandungan senyawa antiseptik serta anti-inflamasi yang berfungsi mencegah infeksi serta bengkak⚡ pada gusi.