post-title

Ugh… Kaki membengkak dan tidak nyaman…

Ibu hamil🤰 kerap mengalami keluhan kaki bengkak. Hal ini tentunya mengganggu aktivitas keseharian dan kaki🦵 terasa tidak nyaman. Tidak perlu terlalu dibawa stres! Karena ini merupakan hal alami yang terjadi ketika hamil.


Wajarkah kaki menjadi bengkak saat hamil?

Pembengkakan yang terjadi saat hamil merupakan hal yang wajar. Pembengkakan ini sebenarnya tidak hanya terjadi pada kaki, namun juga terjadi pada payudara, wajah, dan tangan✋. Selain itu, biasanya pembengkakan terjadi pada trimester kedua dan ketiga kehamilan.


Hal apa yang menyebabkan kaki menjadi bengkak ketika hamil?

☹️Memiliki riwayat penyakit

Jika Anda memiliki riwayat penyakit seperti gangguan fungsi hati❤️, varises, penyakit ginjal, penggumpalan darah, tiroid, maupun gagal jantung, hal ini dapat memicu kaki menjadi bengkak saat hamil. Pastikan Anda rutin melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan👩‍⚕️ jika Anda memiliki riwayat medis tersebut.

✨Faktor lainnya

Selain faktor riwayat medis, terdapat berbagai faktor lain yang dapat membuat kaki membengkak ketika hamil. Faktor tersebut yaitu, melakukan aktivitas keseharian yang terlalu berat, terlalu banyak minum kafein☕, kepanasan☀️, olahraga secara berlebihan, maupun berdiri terlalu lama.


Lalu, bagaimana cara mengatasi kaki bengkak ini?

Anda dapat mengatasi kaki yang bengkak dengan mencoba mempraktekkan tips-tips berikut ini.

🚶‍♀️Hindari berada dalam satu posisi terlalu lama

Hindari terlalu lama berdiri maupun duduk. Rutin ubah posisi Anda dan lakukan peregangan tubuh.

✔️Olahraga secara rutin, tapi tidak berlebihan

Terlalu banyak berolahraga memang dapat memicu kaki menjadi bengkak ketika hamil🤰. Namun, bukan berarti Anda harus berhenti berolahraga sama sekali. Tetap berolahraga ringan secara rutin membantu melancarkan peredaran darah✨ yang dapat mengatasi kaki bengkak.

🌊Pastikan asupan cairan tubuh terpenuhi dengan baik

Selalu cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih 8 gelas tiap hari. Selain itu, hindari terlalu banyak mengonsumsi kafein☕ seperti teh maupun kopi.

🛏️Cobalah posisi tidur berikut!

Tidur dengan posisi miring ke kiri disarankan untuk ibu hamil. Juga, letakkan bantal di antara kaki saat tidur😴 maupun duduk untuk membantu melancarkan peredaran darah.