post-title

Kruyuk kruyuk… Lapar lagi, lapar lagi

Baru selesai makan sebentar kok rasanya sudah lapar lagi ya…😞 Sebagian besar ibu hamil mengalami keluhan mudah lapar ketika hamil. Jangan khawatir, karena ini adalah hal yang sangat wajar!


Apakah ibu hamil lain juga mudah lapar ketika hamil?

😉Hal yang normal

Sering lapar ketika hamil🤰 adalah hal yang sangat normal terjadi ketika mengandung. Hal ini karena, terdapat bayi di dalam perut Anda yang berarti Anda memberi makan tidak hanya diri Anda sendiri tapi juga bayi Anda.

👶 Bayi di dalam kandungan memerlukan nutrisi

Selama di dalam kandungan, bayi memerlukan asupan nutrisi demi perkembangan dan pertumbuhannya. Karena itu, saat Anda merasa lapar, bayi di dalam kandungan Anda mengirimkan sinyal💭 pada Anda karena dirinya memerlukan nutrisi tertentu.


Berikut berbagai penyebab ibu hamil lapar terus!

✨Perubahan hormon

Perubahan hormon yang terjadi ketika wanita sedang mengandung merupakan salah satu penyebab ibu hamil menjadi mudah merasa lapar. Hormon progesteron yang meningkat ketika hamil memicu hormon ghrelin yang mengatur rasa lapar🍽️ dan hormon leptin yang berperan menimbulkan rasa kenyang.

💡Sirkulasi darah yang meningkat

Volume sirkulasi darah ibu hamil biasanya meningkat 30 sampai 40 persen. Hal ini menyebabkan ibu hamil memerlukan kalori lebih banyak daripada ketika tidak hamil yang membuat ibu hamil menjadi mudah lapar🥄.


Adakah cara untuk mengatasi rasa mudah lapar tersebut?

🍊Konsumsi camilan sehat

Jika Anda terus merasa lapar, Anda sebaiknya mengonsumsi camilan yang sehat seperti roti gandum, kacang-kacangan🥜, dan buah. Makanan tersebut baik bagi perkembangan janin di dalam kandungan serta bagi kesehatan ibu hamil.

✔️Makan dalam porsi kecil tapi sering

Makan dalam porsi kecil tapi sering ketika hamil memiliki banyak manfaat. Manfaat-manfaat tersebut diantaranya, mencegah ibu hamil makan dalam porsi terlalu banyak yang dapat membuat kelebihan berat badan⚖️, mengurangi rasa mual dan muntah🤮 yang sering dialami wanita hamil, serta mencegah nyeri lambung yang kerap dialami ibu hamil.

🌊Coba minum air putih saat lapar

Anda dapat melakukan tes apakah lapar yang Anda rasakan benar-benar lapar atau sebenarnya adalah rasa haus. Hal ini karena tubuh dapat salah mengartikan rasa haus🌬️ menjadi rasa lapar.