post-title

Capek, tapi susah tidur….

Kesulitan untuk tertidur😴 atau yang biasa disebut dengan insomnia, merupakan hal yang dialami hampir semua ibu hamil. Perubahan-perubahan yang terjadi ketika seorang wanita sedang mengandung🤰 membawa pengaruh terhadap fisik maupun kondisi psikisnya.


Bisa tidur sih…Tapi sering terbangun di malam hari…

Meskipun ibu hamil dapat tertidur, tapi kerap kali ia sering terbangun di malam hari🌙. Tidak hanya itu saja, ia juga bangun terlalu pagi padahal masih merasa belum tidur dengan cukup. Hal ini juga termasuk dalam insomnia.


Apakah insomnia berbahaya bagi janin?

Walaupun insomnia tidak berbahaya bagi janin👶, tapi Anda tetap harus beristirahat dengan cukup. Tidur secara cukup, tidak hanya secara kuantitas, tapi kualitas diperlukan agar Anda dan janin tetap sehat dan lebih bersemangat😉 menjalani masa kehamilan ini.


Lantas, bagaimana cara mengatasi insomnia ketika hamil?

🌊Hindari terlalu banyak minum di malam hari

Terlalu banyak minum air di malam hari apalagi mendekati waktu tidur dapat mengganggu tidur Anda. Karena, Anda jadi lebih sering ingin ke toilet untuk buang air kecil🚽. Banyaklah minum di pagi, siang☀️, atau sore hari untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh Anda.

🚶‍♀️Rutin berolahraga

Dengan rutin berolahraga ringan setiap hari, dapat membantu Anda menjadi lebih mudah terlelap di malam hari. Hal ini karena olahraga membantu melancarkan peredaran darah✨ Anda, yang membuat suplai oksigen ke otak🧠 menjadi lebih lancar. Selain itu, berolahraga juga membuat pikiran dan mood Anda menjadi lebih baik sehingga membantu mengurangi kecemasan yang membuat Anda dapat lebih mudah terlelap.

⏲️Usahakan untuk tidur di waktu yang sama tiap harinya

Tidur di waktu yang sama tiap hari dapat membantu tubuh Anda menjadi lebih mengenali jam tidur🛏️ Anda. Sehingga, Anda akan lebih mudah tertidur di malam hari.

😊Buat suasana kamar senyaman mungkin

Anda dapat mencoba membuat kamar Anda menjadi lebih nyaman untuk tidur. Pasang lampu tidur berwarna redup, nyalakan AC🌬️ jika terasa panas, maupun taruh lebih banyak bantal agar tempat tidur menjadi lebih empuk dan nyaman.