post-title

Dug, dug.. Kapan ya Mulai Bisa Mendengar Detak Jantung Si Kecil?

Selama hamil🤰, Anda pasti sudah tidak sabar ingin mendengar seperti apa detak jantung bayi di dalam kandungan bukan? Anda menanti-nanti kapan mulai bisa mendengarkan detak jantungnya💖.


Kapan detak jantung si kecil muncul?

Jantung bayi terbentuk pada awal minggu kelima kehamilan bersama dengan perkembangan organ lainnya. Sedangkan detak jantungnya pertama kali muncul pada pertengahan minggu kelima kehamilan. Namun, suara detakannya❤️ masih sangat kecil.


Apakah detak jantung bayi dalam kandungan bisa didengar langsung dengan telinga?

Walaupun beberapa ibu hamil dapat mendengar detak jantung bayi melalui perut mereka, namun pada dasarnya, detak jantung bayi dalam kandungan sulit untuk didengarkan langsung dengan telinga👂.

Karena itu, Anda dapat mendengarkan detak jantung buah hati Anda dalam kandungan dengan melalui USG di dokter kandungan👩‍⚕️ Anda. Anda akan dapat mendengar detak jantung si kecil melalui pemeriksaan USG dini pada minggu keenam hingga kedelapan kehamilan.


Lantas, bagaimana jika suara detak jantung bayi Anda belum juga terdengar?

Anda tidak perlu merasa panik jika suara detak jantung bayi Anda belum terdengar. Penyebabnya, karena proses detak jantung bayi sampai bisa terdengar memakan waktu hingga 12 minggu📅. Namun, terdapat beberapa penyebab lain yang membuat detak jantung💖 bayi belum juga terdengar bahkan sampai usia kehamilan 12 minggu, berikut adalah alasannya.

🤰Perut ibu hamil yang besar

Ibu hamil yang memiliki perut yang besar, karena kelebihan berat badan, akan membuat detak jantung bayi👶 susah untuk terdengar. Jika hal ini terjadi, dokter biasanya akan menggunakan USG transvaginal untuk memastikan kondisi bayi.

🗓️Perhitungan usia janin yang tidak tepat

Perhitungan usia janin yang tidak tepat merupakan salah satu penyebab mengapa Anda belum dapat mendengarkan suara detak jantungnya. Misalnya, karena Anda tidak ingat dengan jelas kapan menstruasi✨ terakhir Anda sehingga perhitungan usia janin menjadi tidak tepat.

☹️Mengalami keguguran

Mengalami keguguran adalah salah satu penyebab detak jantung bayi Anda tidak terdengar. Anda dapat mengalami keguguran diam-diam. Pada keguguran diam-diam, Anda mengalami tanda dan gejala kehamilan, namun sebenarnya Anda tidak benar-benar hamil🤰.

👶Posisi bayi dan rahim

Posisi bayi yang masih sangat kecil membuat doppler membutuhkan waktu⏲️ lebih lama untuk dapat menangkap detak jantungnya. Selain itu, posisi rahim yang miring juga membuat doppler bergerak lebih banyak untuk dapat berhasil menangkap detak jantung si kecil.