post-title

Hufft… Rasanya sulit bernapas…

Kondisi sulit untuk bernapas banyak dialami oleh wanita yang sedang hamil🤰. Umumnya, Anda tidak perlu khawatir, karena ini merupakan hal yang normal. Namun, ada beberapa penyebab sesak napas saat hamil yang harus Anda ketahui yang dapat berbahaya bagi Anda dan janin👶.


Waspadai kondisi sesak napas yang disebabkan oleh hal-hal berikut ini!

💨Memiliki riwayat asma

Mempunyai riwayat penyakit asma sebelum hamil juga dapat membuat sesak napas menjadi lebih parah selama hamil. Sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter👩‍⚕️ jika memiliki riwayat asma.

☹️Pneumonia atau paru-paru basah

Paru-paru basah merupakan penyebab ketiga kematian ibu hamil. Pneumonia umumnya dibarengi dengan batuk, rasa nyeri pada dada, dan demam☀️.

⚡Peripartum kardiomiopati

Peripartum kardiomiopati merupakan salah satu tipe gagal jantung. Kondisi ini dapat terjadi selama hamil🤰 maupun sesudah melahirkan. Biasanya ibu hamil akan merasa kelelahan, kaki membengkak, jantung berdebar-debar, dan tekanan darah menjadi rendah.

Selain ketiga penyebab diatas ini, ibu hamil sebaiknya segera mengunjungi mengunjungi rumah sakit🏥 jika mengalami gejala-gejala seperti sesak napas yang semakin terasa parah dan sakit, tangan✋, kaki, bibir berwarna biru, dan mengeluarkan suara saat bernapas.


Bagaimana cara mengatasi rasa sesak napas?

Jika Anda tidak memiliki riwayat penyakit seperti diatas ini, ataupun Anda sudah mengunjungi dokter👩‍⚕️ tetapi dokter mengatakan sesak napas yang Anda alami bukan disebabkan oleh hal yang serius dan membahayakan, Anda dapat mencoba mempraktekkan tips mengatasi sesak napas berikut ini.

🌬️Melatih teknik bernapas

Anda dapat mencoba berlatih teknik bernapas yang akan digunakan saat persalinan🏥. Misalnya, metode Lamaze.

😴Cobalah posisi tidur berikut

Tidurlah dengan posisi agak ke kiri, lalu letakkan beberapa bantal agar kepala terangkat🛏️. Selain itu, gunakan bantal untuk mendorong tubuh ke atas sehingga rongga perut menjadi lebih lega.

😉Pastikan untuk cukup beristirahat

Jika napas Anda sudah mulai terasa terengah-engah, bersantailah sejenak. Tarik napas dalam-dalam🌬️ dan istirahatkan diri sejenak sampai Anda merasa telah siap untuk beraktivitas kembali.


Anda juga dapat mencegah sesak napas selama hamil!

✔️Tidak memaksa diri membawa benda berat

Hindari memaksakan diri untuk membawa barang yang berat. Anda dapat meminta bantuan orang lain atau beristirahat sejenak🛏️ dari pekerjaan yang berat.

🌊Mencukupi asupan air putih

Pastikan untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh🥛. Hal ini karena sesak napas merupakan salah satu gejala dari dehidrasi.