post-title

Nyeri ligamen bulat, aaaa!

Sebagian besar ibu hamil🤰 pastinya mengalami kondisi yang disebut nyeri ligamen bulat. Apa itu nyeri ligamen bulat? Apa yang menyebabkannya dan bagaimana meredakannya? Simak bahasannya berikut ini!


Yang dimaksud dengan nyeri ligamen bulat

Nyeri ligamen bulat adalah rasa nyeri seperti ditusuk yang terasa di perut bagian bawah hingga selangkangan. Nyeri⚡ ini paling sering terjadi pada trimester kedua kehamilan. Nyeri ini merupakan hal yang normal terjadi dan biasa terjadi sesaat saja.


Gerakan apa saja yang memicu terjadinya nyeri ligamen bulat?

Terdapat beberapa gerakan yang dapat memicu terjadinya nyeri ini. Melakukan gerakan yang terlalu cepat, misalnya berdiri🚶‍♀️ tiba-tiba, batuk, bersin, berguling-guling di tempat tidur🛏️, tertawa dapat memicu terjadinya nyeri ligamen bulat.


Apa yang menyebabkan terjadinya nyeri tersebut?

Ligamen bulat merupakan salah satu otot yang menghubungkan pangkal paha dengan bagian depan rahim. Semakin besar rahim Anda, ligamen bundar juga akan semakin meregang sehingga menjadi tertarik😖. Akibatnya, gerakan yang tiba-tiba dapat membuat otot ligamen bulat menjadi tertarik yang memicu timbulnya rasa sakit seperti ditusuk.


Kapan sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter?

Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter👩‍⚕️ apabila rasa nyeri disertai dengan hal-hal ini. Anda merasa sakit saat ingin buang air kecil🚽, mengalami demam, nyeri yang tidak tertahankan dan tidak kunjung reda.


Bagaimana cara mencegah maupun mengatasi nyeri ini?

🧘🏻‍♀️Rutin berolahraga

Berolahraga secara rutin setiap hari dapat membantu menguatkan otot-otot inti tubuh. Tapi, tetap berkonsultasi dahulu dengan dokter👩‍⚕️ untuk mengetahui olahraga apa yang tepat untuk kondisi Anda.

👩Tidak melakukan gerakan yang tiba-tiba

Hindari melakukan gerakan yang tiba-tiba dapat mencegah nyeri terjadi. Terutama pada saat akan duduk, maupun akan berdiri🚶‍♀️.

☀️Mandi dengan air hangat

Mandi dengan air hangat dapat membantu meredakan rasa nyeri. Hal ini karena air hangat dapat melemaskan😉 otot-otot yang tegang. Tetapi, tetap hindari mandi dengan air yang terlalu panas karena berbahaya bagi janin👶.