post-title

Keguguran terlambat, keguguran di trimester kedua

Pada umumnya keguguran terjadi pada trimester pertama kehamilan, karena pada saat ini kehamilan masih sangat rentan😢. Tapi, terdapat juga keguguran terlambat, dimana keguguran terjadi pada trimester kedua kehamilan.


Apa yang dimaksud dengan keguguran terlambat?

❓Keguguran terlambat, apa itu?

Keguguran terlambat atau yang disebut late miscarriage merupakan keguguran yang terjadi pada trimester kedua kehamilan🗓️. Hal ini terjadi saat janin tidak dapat berkembang dengan benar.

🍃Cara memulihkan diri dari keguguran terlambat

Jika Anda mengalami keguguran terlambat, pastinya Anda akan membutuhkan dukungan dari pasangan💑🏽 dan keluarga terdekat Anda. Pemulihan tidak hanya dilakukan secara fisik, tetapi juga mental. Pemulihan secara fisik dapat terjadi dengan cepat, tapi juga bisa memerlukan waktu beberapa minggu. Tetap berkonsultasi rutin dengan dokter👩‍⚕️ untuk memastikan keadaan Anda.

Dukungan dari pasangan dan keluarga🏠 sangat dibutuhkan dalam memulihkan mental Anda. Jangan sungkan untuk meminta dukungan dari pasangan Anda agar pasangan Anda mengerti apa yang sedang Anda rasakan saat ini.


Apa saja gejala keguguran terlambat?

✨Terjadinya perdarahan

Perdarahan merupakan salah satu gejala keguguran terlambat. Perdarahan dapat terjadi baik ringan ataupun berat⚖️.

😭Ketuban pecah

Ketuban pecah, rasa sakit yang tidak tertahankan, dan gerakan rahim yang berkurang juga merupakan pertanda lain dari keguguran terlambat🤰. Rasa sakit yang dirasakan tidak tertahankan hingga mungkin Anda memerlukan obat untuk meredakan rasa sakit.


Penyebab terjadinya keguguran terlambat

✍🏻Memiliki riwayat medis yang tidak terkontrol

Jika ibu hamil mempunyai riwayat medis sebelum hamil, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan mengenai riwayat tersebut tentang bagaimana cara mengontrolnya dengan baik✔️. Contohnya, riwayat medis seperti tekanan darah tinggi, gangguan ginjal, penyakit tiroid, dan diabetes yang tidak terkontrol😫 dapat menyebabkan terjadinya keguguran terlambat.

👶Gangguan pada pertumbuhan janin

Gangguan pada pertumbuhan janin, gangguan kromosom juga merupakan hal yang menyebabkan terjadinya keguguran terlambat😞. Selain itu, plasenta yang lemah juga merupakan salah satu penyebab lainnya.