post-title

Nyam nyam, nutrisi penting di trimester kedua!

Tidak hanya trimester pertama, memenuhi kebutuhan nutrisi di trimester kedua kehamilan juga tidak kalah pentingnya! Saat ini, banyak perkembangan yang terjadi pada janin👶 hingga ia membutuhkan nutrisi penting yang cukup untuk membantu pertumbuhannya.


Nutrisi penting apa saja yang dibutuhkan di trimester kedua?

🐟Asam lemak omega-3

Selama hamil, ibu hamil memerlukan asam lemak omega-3 sekitar 1,4 g. Omega-3 memiliki banyak manfaat bagi janin, diantaranya daya ingat🧠, penglihatan, dan kemampuan bahasa si kecil nantinya.

🧲Zat besi

Jumlah zat besi yang dibutuhkan ibu hamil trimester kedua adalah sebanyak 35 mg. Jumlah zat besi yang dibutuhkan ibu hamil🤰 semakin banyak semakin dekat waktu akan melahirkan. Zat besi dapat diperoleh melalui sayuran hijau, kacang-kacangan, daging merah🥩, maupun melalui suplemen.

✨Folat

Kadar folat yang diperlukan selama trimester kedua kehamilan adalah sebanyak 600 mikrogram per hari. Folat dapat diperoleh dari kacang-kacangan, ayam, jeruk🍊, sayuran hijau. Folat berperan untuk menurunkan risiko bayi cacat lahir.

👩‍🦱Seng

Kebutuhan jumlah seng yang tidak terpenuhi memiliki dampak buruk bagi bayi. Diantaranya, keterbatasan pertumbuhan bayi👶, naiknya risiko bayi cacat lahir, dan kelahiran prematur. Kadar seng yang dibutuhkan selama trimester kedua dan ketiga terus meningkat sesuai trimesternya. Jumlah yang dibutuhkan pada trimester kedua ini adalah 14 mg.

✔️Kalsium

Kebutuhan kalsium bisa diperoleh melalui susu🥛, yogurt, ikan bertulang misalnya ikan teri maupun sarden, telur, kacang kedelai. Kalsium sangat diperlukan pada trimester ini karena pembentukan tulang🦴 bayi dan pemadatannya terjadi saat ini. Karena itu, jumlah kalsium yang diperlukan saat ini sejumlah 1200 mg.


Hati-hati dengan kenaikan berat badan yang berlebih!

Meskipun banyak nutrisi yang diperlukan pada trimester ini, tetapi tetap awasi kenaikan berat badan⚖️  Anda. Hindari mengalami kelebihan berat badan ketika hamil. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter👩‍⚕️ kandungan Anda untuk mengetahui kenaikan berat badan ideal yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda.