post-title

Seperti apa sih gerakan janin yang normal?

Rasanya pasti terharu saat pertama kali merasakan pergerakan bayi👶 di dalam kandungan bukan? Selain itu, ibu hamil pastinya penasaran apakah janin di dalam kandungan bergerak dengan normal atau tidak✔️. Simak ciri-ciri gerakan janin yang normal berikut ini!


Sesering apa janin bergerak?

Janin banyak bergerak saat ibu sedang tidur😴 dan ketika bangun tidur. Sedangkan jika janin sedang tidur, ia tidak akan bergerak. Umumnya bayi tidur di dalam kandungan sekitar 20 hingga 40 menit sampai 90 menit tiap tidurnya.

Namun, ibu hamil dapat tidak merasakan pergerakannya ketika ibu sedang kurang memperhatikan karena sibuk beraktivitas. Gerakan janin👶 semakin berkurang karena keterbatasan tempat di rahim ketika usia kehamilan semakin besar. Namun, bukan berarti ia akan berhenti bergerak ya! Bayi yang sehat akan terus bergerak hingga persalinan.


Bagaimana gerakan janin yang normal?

👩Masa awal kehamilan

Gerakan janin tidak bisa disamakan harus sama pada tiap bayi. Ada janin yang lebih aktif dibanding yang lainnya. Selain itu, jenis gerakan juga berbeda dan berubah tergantung usia kehamilannya😉. Pada awalnya, ibu akan merasakan tendangan kecil, maupun sensasi seperti kepakan sayap kupu-kupu di dalam rahim.

👩‍🦱Saat usia kehamilan semakin besar

Berikutnya saat usia kehamilan semakin besar, tendangan bayi akan lebih dirasakan oleh ibu🤰. Ibu hamil akan merasakan siku janin, tusukan yang terasa hingga ke tulang rusuk. Namun gerakan-gerakan ini merupakan pertanda baik bahwa janin tumbuh dengan sehat dan kuat🦴. 


Apa saja yang harus diperhatikan ibu hamil terkait dengan gerakan janin?

Ibu hamil sebaiknya memperhatikan intensitas gerakan, durasi⏲️ gerakan, frekuensi, dan karakter dari gerakan yang dilakukan oleh janin. Seberapa kuat gerakan yang dilakukan, lalu adakah perubahan pada pola pergerakan janin, apakah menjadi lebih cepat ataukah melambat💭, lalu seberapa sering gerakan, dan seberapa lama durasi gerakan apakah lebih lama ataukah lebih cepat dari yang diharapkan.

Saat gerakan janin terasa berkurang dibanding biasanya, segeralah berkonsultasi dengan dokter👩‍⚕️ kandungan Anda untuk memastikan kondisi janin. Gerakan janin yang berkurang dapat menjadi pertanda adanya masalah serius yang terjadi pada janin.