post-title

Uh.. Punggung terasa nyeri

Nyeri punggung adalah salah satu gejala kehamilan yang sering dialami ibu hamil🤰 trimester ketiga. Di trimester ketiga ini, perut yang semakin membesar membuat punggung menjadi sakit.


Mengapa punggung terasa nyeri saat perut semakin membesar?

Saat trimester ketiga, perut ibu hamil semakin membesar yang membuat titik berat badan menjadi cenderung condong ke arah depan. Hal ini membuat bagian tubuh tertarik😫 ke arah belakang, yang mengakibatkan otot tulang memendek dan tulang punggung bagian bawah melengkung.


Berikut cara mengatasinya!

🛏️Atur posisi tidur

Tidur dengan posisi miring ke arah kiri dan letakkan bantal diantara kedua kaki di bawah perut. Posisi ini membantu mengurangi tekanan pada vena cava yang diakibatkan tertindih rahim. Selain itu, tidur😴 dengan posisi ini juga bermanfaat untuk menjaga agar tulang belakang tetap lurus.

✔️Jaga postur tubuh

Posisikan dada lebih tinggi, bahu ke arah belakang, dan berdirilah dengan tegak. Hindari berdiri🚶‍♀️ terlalu lama, dan letakkan bantal di belakang punggung bawah ketika duduk.

💭Kompres dengan air hangat

Cobalah mengompres bagian yang nyeri dengan menggunakan air hangat. Air hangat membuat otot menjadi lebih rileks, sehingga mengendurkan😊 otot-otot yang tegang.

😉Gunakan sabuk khusus

Menggunakan sabuk khusus di bagian bawah perut sebagai penyangga membantu menopang berat janin. Selain itu, berkonsultasi pada dokter👩‍⚕️ mengenai cara peregangan yang aman bagi Anda juga merupakan salah satu cara mengatasinya. Karena peregangan yang sering dilakukan pada bagian punggung dapat membantu mengatasi rasa nyeri punggung.

✋Hindari membawa barang yang terlalu berat

Membawa barang yang terlalu berat dapat membuat punggung menjadi sakit. Mintalah bantuan pada pasangan💑🏽 atau orang di sekitar untuk membantu. Atau jika ingin mengangkatnya sendiri, luruskan punggung kemudian tekuk lutut🦵, lalu angkat dengan menggunakan tenaga pada kaki.