post-title

Perut terasa kencang!

Perut ibu hamil🤰 biasanya akan terasa kencang pada trimester ketiga. Terdapat berbagai penyebab yang membuat perut terasa kencang. Simak bahasannya berikut ini.


Apa saja hal yang menyebabkan perut terasa kencang?

⚡Kontraksi palsu

Kontraksi palsu atau yang biasa disebut dengan braxton hicks dapat terjadi pada trimester ketiga. Biasanya kontraksi palsu berlangsung selama 30 detik sampai 1 menit⏲️ dan perut akan terasa sangat kencang.

🌊Kekurangan cairan dalam tubuh

Kekurangan cairan dalam tubuh atau dehidrasi dapat membuat perut menjadi kencang di trimester ketiga kehamilan. Hal ini dapat terjadi karena mungkin ibu hamil merasa malas untuk bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil🚽, sehingga secara tidak sadar mengurangi minum air putih.

😫Terlalu banyak beraktivitas

Terlalu banyak melakukan aktivitas pada trimester ketiga dapat membuat rahim berkontraksi⚡. Rahim yang berkontraksi menyebabkan perut terasa kencang. Karena itu, jangan lupa untuk beristirahat di sela-sela waktu Anda beraktivitas.

💑🏽Melakukan hubungan seksual

Berhubungan seksual💖 dapat membuat perut menjadi kencang. Hal ini disebabkan oleh orgasme dan prostaglandin di dalam air mani membuat rahim berkontraksi.


Berikut solusi cara mengatasi perut yang terasa kencang di trimester ketiga!

🛏️Memastikan posisi tidur yang tepat

Tidur dengan posisi yang tepat dapat membantu mengatasi perut terasa kencang. Topang perut dengan menggunakan bantal hamil agar Anda dapat beristirahat dengan lebih nyaman😉.

🏥Segera pergi ke rumah sakit

Anda sebaiknya segera pergi ke rumah sakit jika menunjukkan gejala-gejala berikut. perut terasa mengencang sekitar 45 hingga 1 menit⏲️ tanpa henti, mulas yang terus menerus, keluar lendir bercampur dengan darah dari dalam vagina, keluarnya air jernih yang tidak berbau dari vagina. Karena hal-hal tersebut merupakan bisa jadi pertanda Anda sudah siap untuk bersalin🤱.

✔️Coba ubah posisi

Mengubah-ubah posisi saat perut terasa kencang juga dapat membantu mengatasi rasa kencang pada perut. Namun jika rasa kencang tidak kunjung hilang walau Anda sudah mengubah-ubah posisi, segeralah pergi ke dokter👩‍⚕️.