post-title

Ruam PUPPP! Apa itu?

Wanita yang sedang hamil🤰 akan merasakan rasa gatal pada stretch pada sekitar perut, telapak tangan, kaki🦶, maupun dada. Hal ini disebut dengan PUPPP. Apa itu PUPPP? Perkaya wawasan Anda dengan info mengenai PUPPP berikut ini!


Mengenal lebih dalam ruam PUPPP

✨Ruam PUPPP, ruam apa itu?

PUPPP atau Papula Urtikaria Pruritus dan Plak kehamilan adalah ruam gatal yang terjadi selama hamil. Ruam PUPPP biasanya terjadi pada trimester ketiga kehamilan🤰. Namun juga dapat terjadi pada trimester pertama kehamilan.

Biasanya jika terjadi pada trimester pertama, penyebabnya adalah ibu hamil mempunyai kondisi kulit yang terlalu kering☹️, dan tubuh terlalu kurus.

❓PUPPP muncul di bagian tubuh sebelah mana?

PUPPP umumnya muncul di bagian perut. Namun juga dapat menyebar hingga paha, area dada, leher, tangan, dan kaki🦵.


Gejala dan cara mendiagnosis ruam PUPPP

💭Gejala PUPPP yang muncul

Gejala PUPPP adalah ruam yang menyerupai urtikaria, atau biduran yang terasa sangat gatal. PUPPP diawali dengan seperti jerawat yang berwarna merah muda yang sangat gatal🤏. 

✍🏻Cara mendiagnosisnya

Dokter akan mendiagnosis PUPPP dengan melakukan pemeriksaan pada kulit Anda. Dokter👩‍⚕️ akan mengambil sampel kulit dari daerah yang memiliki ruam dengan tes laboratorium.


Jangan khawatir! Berikut tips mengatasinya

🧊Kompres dengan menggunakan air dingin

Mengompres area tubuh yang gatal dengan menggunakan air dingin dapat membantu mengatasi PUPPP. Hal ini karena kulit yang gatal menjadi sejuk🌬️ sehingga meredakan rasa gatal.

🪔Memakai krim antihistamin

Sebelum memakai krim antihistamin, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter👩‍⚕️. Antihistamin dapat menghilangkan rasa gatal karena menghalangi kerja dari zat histamin yang memicu rasa gatal.

🧴Menggunakan lotion

Menggunakan lotion anti gatal dapat menjaga kulit yang terkena PUPPP tidak kering. Pilih lotion anti gatal yang mengandung bahan-bahan alami☘️ dan aman bagi Anda dan janin.