post-title

Deg! Persalinan lebih awal?!

Biasanya persalinan terjadi saat usia kehamilan 40 minggu. Tetapi, jika terjadi persalinan🤰 lebih awal atau yang biasa disebut persalinan prematur, gejala-gejala akan bersalin sudah terjadi dari usia kehamilan kurang dari 37 minggu.


Hal apa saja yang meningkatkan risiko ibu hamil melahirkan prematur?

Terdapat beberapa kondisi ibu hamil yang meningkatkan risiko melahirkan lebih awal. Memiliki pola hidup yang tidak sehat seperti gemar minum-minuman beralkohol, merokok🚬, berat badan yang terlalu gemuk atau terlalu kurus sebelum hamil, memiliki riwayat medis seperti tekanan darah tinggi⚡, diabetes, sedang mengandung anak kembar, dan mempunyai riwayat melahirkan prematur sebelumnya dapat meningkatkan risiko melahirkan lebih awal.


Seperti apa tanda-tanda ibu hamil akan melahirkan lebih awal?

💭Keluarnya cairan dari dalam vagina

Cairan dari dalam vagina yang keluar merupakan salah satu tanda ibu hamil akan melahirkan lebih awal. Hal ini menunjukkan air ketuban yang pecah🌊.

😖Kontraksi yang terus menerus

Kontraksi yang terjadi terus menerus di usia kehamilan belum mencapai 37 minggu adalah tanda ibu hamil akan melahirkan prematur. Biasanya dalam satu jam⏲️ kontraksi terjadi sebanyak lima kali atau lebih dan tidak kunjung hilang walau sudah mengubah-ubah posisi.

⚡Mengalami sakit pada bagian punggung bawah

Rasa sakit yang terasa pada bagian punggung bawah yang belum pernah dirasakan sebelumnya adalah salah satu gejala ibu hamil akan melahirkan prematur. Panggul juga merasakan tekanan seperti dorongan bayi👶 yang akan keluar.

✨Jumlah cairan vagina yang meningkat

Jumlah cairan vagina yang meningkat merupakan salah satu tanda akan melahirkan lebih awal. Selain itu, juga terdapat darah⚡ keluar dari dalam vagina.

😫Mengalami kram perut

Kram perut bagian bawah yang biasa dirasakan saat haid juga dapat menjadi pertanda ibu hamil🤰 akan melahirkan prematur. Biasanya kram perut hilang timbul namun juga dapat terjadi terus menerus tanpa berhenti.


Adakah cara untuk mencegah agar tidak melahirkan prematur?

🛏️Tidurlah dengan posisi miring ke kiri

Tidur dengan posisi miring ke kiri dapat meredakan dan menghentikan gejala melahirkan prematur yang terjadi. Hindari tidur😴 dengan posisi telentang karena posisi ini dapat memicu terjadinya kontraksi.

🚽Hindari menahan buang air kecil

Ketika gejala persalinan prematur timbul, hindari menahan buang air kecil dan kosongkan kandung kemih🧻. Tetapi, hindari mengurangi asupan cairan tubuh. Tetaplah cukup minum air putih untuk mencegah kekurangan cairan.