post-title

Apa saja tahapan proses persalinan?

Proses persalinan adalah proses yang ditunggu-tunggu oleh seluruh ayah ibu di dunia. Pastinya ayah dan ibu💑🏽 sudah tidak sabar untuk bertemu dan memegang langsung bayi yang dikandung selama ini.


Mengenal tahapan-tahapan proses persalinan

📝Proses persalinan memiliki berapa tahapan?

Proses persalinan memiliki 3 tahapan. Tahap pertama yaitu waktu persalinan hingga leher rahim atau serviks melebar 10 cm. Tahap kedua, dari sesudah serviks melebar 10 cm hingga bayi👶 dilahirkan. Tahap terakhir merupakan tahapan pengeluaran plasenta.

🙋Apakah sudah harus ke rumah sakit begitu tahap pembukaan terjadi?

Pada tahapan pertama ini, ibu hamil belum perlu untuk pergi ke rumah sakit🏥. Ibu hamil dapat melakukan aktivitas sederhana seperti mengecek kembali tas yang akan dibawa ke rumah sakit, maupun mencoba untuk tidur.


Lakukan hal ini sebagai persiapan emosi!

✍🏻Tuliskan berbagai kecemasan yang Anda rasakan

Anda dapat menuliskan berbagai kecemasan yang Anda rasakan. Kemudian, tuliskan kembali sambil menyebutkan kecemasan tersebut dalam bentuk yang positif. Contohnya, “sifatku yang kuat selama ini akan membantuku menghadapi persalinan dengan baik😊”.

💖Mengatakan sifat positif diri

Anda dapat membuat diri Anda untuk merasa lebih kuat dengan mencoba menyebutkan hal-hal positif✨ dari diri Anda. Contohnya, “aku adalah orang yang kuat, aku yakin bisa melahirkan dengan lancar”.


Simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

✔️Tahapan pertama, pembukaan

Jika Anda hamil untuk pertama kalinya, maka waktu pembukaan umumnya memakan waktu dua belas sampai empat belas jam. Namun, jika saat ini bukan merupakan kehamilan🤰 pertama Anda, waktu pembukaan hanya memakan waktu enam sampai sepuluh jam saja.

⚡Tahapan kedua, bayi semakin dekat dengan jalan lahir

Pada tahapan kedua ini, serviks yang tadinya hanya membuka 3 cm akan terus melebar sampai 7 cm. Nah, inilah saatnya ibu hamil untuk pergi ke rumah sakit👩‍⚕️ untuk bersiap melahirkan.

Pada tahapan kedua ini, ibu hamil sudah mulai merasakan kontraksi pada perut yang semakin intens. Biasanya ibu hamil akan merasakan mulas tiap 2 menit sekali. Ibu hamil dapat mencoba teknik pernapasan🌬️ untuk merelaksasikan diri di tengah kontraksi.

✨Tahapan ketiga, pengeluaran plasenta

Pada tahapan ini, ibu hamil telah siap untuk melahirkan. Pembukaan leher rahim akan terus melebar sampai 10 cm. Pada tahapan terakhir ini, ibu hamil akan mengalami kontraksi yang amat kuat dan ingin mengejan😖.

Kelahiran bayi dan plasenta terjadi bersama-sama. Hal ini karena plasenta menempel di perut bayi. Biasanya darah sebanyak 100 hingga 200 cc akan ikut keluar bersama plasenta. Jangan khawatir, suster akan segera membersihkan darah dari tubuh bayi sebelum diserahkan kepada ibu🤱.