post-title

Seperti apa sih persalinan caesar?

Mungkin beberapa ibu hamil ada yang merasa takut untuk melahirkan normal sehingga berpikir untuk melakukan persalinan caesar. Tetapi, persalinan caesar juga mempunyai risiko tersendiri. Oleh karena itu, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter👩‍⚕️ kandungan untuk mengetahui proses persalinan apa yang paling sesuai dengan Anda.


Apa saja yang harus dipersiapkan sebelum menjalani persalinan caesar?

✨Melakukan tes darah

Tes darah dilakukan untuk mengecek tingkat hemoglobin dan golongan darah Anda. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga😉 jika diperlukan transfusi darah selama operasi.

👩‍⚕️Berkonsultasi dengan dokter anestesi

Berkonsultasi dengan dokter anestesi dilakukan untuk mengetahui riwayat medis✍🏻 Anda. Karena bisa saja meningkatkan risiko komplikasi.

🧼Mandi dengan sabun antiseptik khusus

Anda perlu mandi dengan sabun antiseptik khusus sebelum menjalani operasi. Mandi biasanya dilakukan pada pagi atau malam🌙 sebelum operasi. 

😊Pemasangan kateter urine

Kateter urine dipasang pada kandung kemih Anda untuk mengumpulkan urine. Tetapi, pemasangan kateter ini juga dapat dilakukan ketika operasi sesudah Anda di anestesi✔️.


Lalu, bagaimana proses persalinan caesar?

Dokter akan memberikan obat bius atau anestesi berupa suntik epidural yang bertujuan membuat area bawah tubuh mati rasa. Dengan kata lain, Anda dalam keadaan sadar👀 saat proses persalinan caesar berlangsung. Kemudian, suster akan memasang kain untuk menghalangi Anda dapat melihat langsung ke area perut.

Lalu, saat obat bius sudah bekerja, dokter akan mengoleskan antiseptik pada perut Anda. Kemudian dokter membuat sayatan secara horizontal di kulit atas tulang kemaluan sampai mencapai bagian dari otot perut. Sayatan horizontal juga dibuat di bagian bawah rahim Anda. Dokterpun telah bisa melihat bayi👶 Anda. Lalu dokter akan menarik kaki (kalau sungsang) atau kepala bayi Anda. 


Apa yang akan dirasakan sesudah persalinan caesar selesai dilakukan?

Sesudah proses caesar selesai, Anda akan dibawa ke ruang pemulihan untuk dipantau selama beberapa jam⏲️. Beberapa ibu mengalami lelah, mual karena efek dari anestesi. Infus cairan juga diberikan sampai ibu bisa makan dan minum.

Sesudah beberapa jam di ruang pemulihan, Anda akan dibawa ke ruang rawat inap biasa. Sesudah efek dari anestesi mulai menghilang, biasanya Anda akan merasakan nyeri pada bekas sayatan. Konsultasikan dengan dokter agar dokter memberikan obat💊 pereda nyeri pasca caesar. Biasanya Anda akan berada di rumah sakit sekitar 3 hingga 4 hari sebelum boleh pulang ke rumah🏠.